Kompas.com - 15/09/2015, 08:26 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekacauan perang Suriah mengundang keprihatinan masyarakat dunia. Berbagai bentuk bantuan dikirimkan untuk para korban, termasuk anak-anak yang kini mengalami trauma psikologis dan masih tinggal di kamp pengungsian.

Tergerak mengembalikan keceriaan mereka, CatalyticAction, sebuah studio desain non-profit membuat sebuah proyek pembangunan taman bermain-main anak-anak.

Ide yang cukup sederhana ini diharapkan dapat sedikit meringankan kesedihan anak-anak korban perang di pengungsian. Lokasi yang dipilih adalah di wilayah Bar Elias, Lebanon, yang kini menjadi wilayah dengan populasi pengungsi berjumlah besar.

Menurut perkiraan pihak CatalyticAction, taman bermain ini akan selesai dibangun dan mulai dapat digunakan di akhir 2015 ini.

Dalam pengerjaan desainnya, CatalyticAction turut mengajak anak-anak pengungsi untuk memberikan masukan dan ide taman bermain impian mereka. Bahkan setiap anak diberi kesempatan membuat  gambar perencanaan mereka sendiri untuk memperlihatkan keinginan mereka.

Proses ini juga diikuti oleh para gur sekolah pengungsian yang dianggap lebih mengerti kebutuhan dari anak-anak tersebut.

Material-material yang digunakan pun didasarkan pada bahan-bahan daur ulang yang mudah ditemukan di sekitar wilayah tersebut dan masih dapat diolah menjadi mainan atraktif.

Setiap struktur dan bagian dari taman bermain ini, seperti papan seluncur ataupun ayunan, dapat dibongkar dan dirakit kembali bila kelak anak-anak pengungsi sudah diperbolehkan kembali ke kampung halaman mereka.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.