Rencana Proyek Taman Hiburan Dongkrak Harga Tanah di Lido

Kompas.com - 13/09/2015, 17:06 WIB
Kawasan Resor Lido, Cigombong, Jawa Barat MNC LandKawasan Resor Lido, Cigombong, Jawa Barat
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar bakal dikembangkannya taman hiburan bertaraf internasional telah mendongkrak harga jual lahan dan properti di kawasan Lido, Cigombong, Jawa Barat.

Menurut Prinsipal Indohouse Bangbarung Bogor, Amrizal Syahbandar, kenaikan harga mencapai 50 persen. Saat ini, harga lahan yang ditransaksikan tembus angka Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per meter persegi. Angka sebesar itu berlaku untuk lahan-lahan di pinggir Jalan Raya Sukabumi.

"Sementara harga pasar rumah ukuran 100/200 sudah berada pada posisi Rp 1,5 miliar. Ini juga rumah yang berlokasi di pinggir jalan atau di kawasan komersial," ujar Amrizal kepada Kompas.com, Minggu (13/9/2015).

Padahal, jauh sebelum informasi mengenai taman hiburan tersebut tersiar, yakni dua tahun lalu, Amrizal hanya mampu menjual lahan dengan harga rata-rata Rp 1,5 juta per meter persegi. Permintaan lahan semakin intensif sehingga banyak pemilik yang justru menahannya menunggu harga semakin tinggi.

"Selain karena rencana taman hiburan itu, realisasi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pun ikut mendorong pertumbuhan harga," imbuh Amrizal.

Harga tertinggi berlaku untuk kawasan Ciawi, atau di sekitar bakal gerbang utama Tol Bocimi. Saat ini, harga lahan terendah Rp 6 juta per meter persegi. Pasokan lahan yang semakin terbatas, kata Amrizal, berpotensi mengatrol harga lebih tinggi lagi.

"Lonjakan bisa lebih dari 100 persen, apalagi kalau Tol Bocimi kelar dan taman hiburan beroperasi. Ciawi dan Sukabumi bakal makin dilirik investor," sebut Amrizal.

Sebelumnya diberitakan, PT MNC Land Tbk, melalui anak usaha PT Lido Nirwana Parahyangan, akan membangun taman hiburan bertaraf internasional dengan menciptakan merek baru.


"Merek baru dan konsep taman hiburan yang akan kami kembangkan berasal dari sejarah Indonesia dan dikombinasikan dengan konsep teater Hollywood yang selama ini populer di Amerika Serikat," kata Vice President Business Development PT Lido Nirwana Parahyangan, Ivan Casadevall.

Taman hiburan ini berada di dalam kawasan resor Lido yang merupakan properti terintegrasi. Selain taman hiburan, terdapat hotel, ruang konvensi, vila, arena golf, taman safari, dan fasilitas lainnya di atas lahan seluas 2.000 hektar. Saat ini, perseroan sedang dalam tahap mematangkan konsep dan rancangan induknya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X