Kompas.com - 12/09/2015, 12:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, furnitur rotan kembali diminati pasar. Bahkan beberapa desainer lokal mulai menghadirkan desain-desain modern dalam mengemas material rotan yang melimpah di Indonesia ini.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah lama memiliki furnitur rotan di rumah. Tak perlu khawatir furnitur rotan Anda terlihat ketinggalan zaman, Anda bisa beri tampilan berbeda dengan mengecatnya dengan warna baru. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Bersihkan permukaan furnitur dengan kain tak berserat yang sedikit dibasahkan. Pastikan debu hilang di tiap sela-sela urat rotan dan simpul pengikat sambungannya.

2. Bila furnitur Anda sudah pernah dilapis dengan cat atau lapisan pelindung lainnya, hilangkan dengan menggunakan amplas. Gosok secara lembut agar tidak merusak permukaan rotan.

3. Bersihkan kembali debu sisa-sisa pengamplasan dengan menggunakan kemoceng ataupun mesin penyedot debu.

4. Siapkan terpal di bawah furnitur untuk menampung tetesan-tetesan cat agar tidak mengotori lantai.

5. Gunakan cat semprot khusus furnitur. Menggunakan cat semprot lebih efektif dibanding dengan teknik kuas karena dapat melapis hingga ke seluk-seluk rotan. Cukup lapisan tipis saja dan biarkan mengering dalam satu jam.

6. Posisikan furnitur Anda dalam keadaan terbalik untuk melihat bagian-bagian yang belum terkena cat. Beri lapisan cat lagi dan diamkan hingga mengering.

7. Terakhir, semprotkan kembali cat sedikit lebih tebal sebagai penutup akhir hingga warna dari cat baru tersebut benar-benar merata.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ehow


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.