Mengenal Donald Trump, Raksasa Properti dari Negeri Paman Sam

Kompas.com - 23/08/2015, 19:07 WIB
Donald Trump worldpropertychannelDonald Trump
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Donald Trump? Pengusaha paling vokal, sekaligus calon presiden Amerika Serikat yang beken dengan ungkapan "You're fire"?

Usianya sudah menyentuh lebih dari kepala enam atau tepatnya 68 tahun. Trump lahir di Queens, New York, sebagai anak keempat dari lima bersaudara. Sama seperti sang ayah, Trump mewarisi keahlian sebagai pembangun, dan pengembang properti.

Meski sudah lanjut usia, namun Trump masih energetik, ceria, dan berwibawa. Mungkin hanya sedikit yang tahu, bahwa sejatinya, Trump pernah terdaftar di Akademi Militer New York pada usia 13 untuk membentuk kepribadiannya menjadi lebih disiplin. Dia mengikuti latihan kemiliteran dengan sangat baik, sampai akhirnya menjadi pemimpin mahasiswa yang disegani.

Trump bekerja untuk ayahnya di sektor konstruksi, sebelum kemudian mengasah intelektualitasnya di Wharton School of Finance dan lulus pada tahun 1968 dengan gelar sarjana ekonomi. Pada tahun 1971, dia pindah ke Manhattan dan bergabung dengan bisnis keluarga.

Kekayaan pribadi Trump mengalami pasang surut, seiring resesi dan ledakan ekonomi dunia. Namun demikian, Trump sukses menabalkan dirinya sebagai salah satu taipan terkaya di dunia dengan basis bisnis properti.

Setelah melalui berbagai kondisi jatuh bangun, imperium bisnisnya makin membengkak, lebih besar dari sebelumnya. Termasuk dalam hal kepemilikan properti yang membuatnya memiliki kekayaan bersih senilai 10 miliar dollar AS.

Trump tercatat memiliki 17 klub, dan resor golf. Di antaranya Trump National Doral di Miami, Trump Golf Links di Ferry Point, New York, dan Turnberry Resort di Skotlandia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya punya kenangan indah bersama ayah saat menyambangi Doral Resort untuk bermain golf. Meskipun dia tidak banyak bermain golf, dia memiliki ayunan yang luar biasa. Itu kenangan terindah saat kami menghabiskan waktu, dan bermain golf bersama," kenang Trump.

worldpropertychannel Trump National Doral Miami
Sayangnya, kejayaan dan pamor Doral Resort pudar seiring proses lelang, dan penjualan oleh pemiliknya di pasar modal Wall Street. Trump pun tertarik, dan membelinya seharga 150 juta dollar AS. Dia kemudian merenovasinya menjadi properti berkelas A plus demi mengembalikan kenangannya bersama ayah tercinta.

"Kami merenovasinya, dan menciptakan pengalaman bermain golf yang dramatis. Kami membangun lapangan golf 72 lubang, sehingga menjadi pilihan terbaik di negeri ini," tutur Trump.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X