Kompas.com - 14/08/2015, 23:59 WIB
Ilustrasi kamar hotel Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve Arsip Mandapa ReserveIlustrasi kamar hotel Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Melambatnya ekonomi, dan terpuruknya nilai tukar mata uang tak membuat para pengembang dan investor perhotelan di kawasan Asia Pasifik, gentar. Buktinya, pembangunan proyek hotel baru jalan terus. 

Menurut hasil riset STR Global yang diterima Kompas.com, Jumat (14/8/2015), terdapat 2.379 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 557.133 unit, hingga Juli 2015. Jumlah ini 6,3 persen lebih tinggi ketimbang pencapaian periode yang sama tahun 2014 silam. 

Proyek-proyek tersebut termasuk hotel dalam tahap konstruksi, perencanaan akhir, dan tahap perencanaan. Namun, laporan ini tidak memasukkan proyek hotel yang belum terkonfirmasi. 

"Untuk bulan Juli tahun ini saja, kawasan Asia Pasifik tengah gencar membangun sebanyak 1.019 hotel dengan jumlah kamar 257.049 unit," tulis STR.

Segmen kelas atas merupakan kontributor terbesar proyek hotel di bawah kontrak dengan jumlah 29,2 persen atau 162.938 kamar. Menyusul segmen kelas bawah dengan 24,6 persen atau 136.918 kamar.

Segmen kelas atas juga mendominasi untuk proyek hotel dalam tahap konstruksi yakni 29,9 persen dengan 76.897 kamar. Diikuti proyek hotel kelas atas-atas (high end) dengan 25,4 persen atau 65.399 kamar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.