Kompas.com - 04/08/2015, 15:03 WIB
Melia Hotels International MHIMelia Hotels International
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Meliá Hotels International (MHI) mencatat peningkatan laba bersih tiga kali lipat senilai 20,3 juta Euro pada semester pertama 2015. Angka ini 224 persen lebih tinggi ketimbang pencapaian periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan signifikan juga terjadi pada segmen margin laba di seluruh bisnis lebih dari 323 basis poin. Sementara total pendapatan juga meningkat sebesar 19,2 persen menjadi 839 juta euro. 

Demikian halnya dengan pendapatan per kamar yang tersedia atau revenue per available room (RevPAR). Pertumbuhan RevPAR global tercatat sebesar lebih dari 11,5 persen yang sebagian besar berdasarkan kenaikan harga di semua wilayah dengan kota-kota di Spanyol memimpin 12 persen.

Wakil Ketua dan CEO Meliá Hotels International Gabriel Escarrer, mengatakan, perolehan bulan Januari sampai Juni 2015 menegaskan kinerja bisnis yang positif seiring dengan kekuatan di Karibia, mencerminkan hasil pemulihan ekonomi dan strategi penjualan di kota-kota besar Eropa, terutama di Spanyol.

"Untuk kedepannya, perusahaan kami sedang mengerjakan Rencana Strategis 2016-2018 yang baru dan memungkinkan kami untuk terus memimpin industri dengan dinamika tinggi baik resor di tempat wisata, maupun resor perkotaan, serta terus membuat kemajuan dalam digitalisasi perusahaan," tutur Escarrer dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/8/2015).

Seiring dengan kondisi positif, dan dampak menguntungkan dari kenaikan nilai tukar dollar AS dan poundsterling, MHI semakin fokus pada strategi perusahaan yakni meningkatkan pendapatan, penjualan langsung dan loyalitas pelanggan (program Meliá Rewards) seiring dengan renovasi dan rebranding hotel.

Untuk mempertegas pertumbuhan perusahaan internasional yang kuat, MHI akan membuka portofolio baru. Tahun ini, sebanyak 14 proyek baru akan dibuka menggenapi 61 hotel eksisting yang berada dalam jaringan pengelolaan.

Hingga saat ini, MHI memiliki 377 hotel dengan hampir 98.000 kamar. Sebanyak 316 hotel di antaranya sudah beroperasi, sementara 61 hotel telah ditandatangani dan dalam proses pembukaan. Sejumlah 9 hotel dibuka antara bulan Januari dan Juni, termasuk Meliá Doha, ME Milan Il Duca dan Meliá Paris La Defense.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.