Kompas.com - 24/07/2015, 16:00 WIB
Sentra Timur Residences Bakrie Pangripta LokaSentra Timur Residences
|
EditorHilda B Alexander
BOGOR, KOMPAS.com - Siapa tak tertarik dengan promosi rumah murah tanpa uang muka atau down payment (DP)? Siapa pun yang saat ini sedang mencari hunian idaman, pasti akan berburu di mana pun rumah tersebut dibangun.

Dari penelusuran Kompas.com, tak hanya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau kalangan kelas menengah tanggung macam Roderick Adrian atau Ari Prasetyo, yang antusias mengejar mimpi mereka memiliki rumah layak huni dan terjangkau, melainkan juga para investor.

Marketing Executive Elang Group, Dicky Andhika membeberkan profil konsumen yang menjadi pembeli rumah-rumah murah dengan DP nol persen yang dipromosikan sejak 1 Mei 2015 hingga akhir tahun ini. (Baca: Cukup Bayar Rp 5 Juta, Rumah Tipe 36 Bisa Anda Miliki).

Menurut Dicky, pembeli rumah pertama atau end user memang masih menempati porsi mayoritas. Namun, mereka adalah kalangan mapan yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta dan Rp 15 juta per bulan. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan bonafid macam PT Pertamina (persero) Tbk., atau PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

"Bahkan ada beberapa di antaranya merupakan middle level manager dari perusahaan media macam Kompas TV, dan Metro TV," ungkap Dicky kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2015).

Pembeli-pembeli "mapan" ini, kata Dicky, tidak mengalami hambatan saat pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR), karena cicilan rumah yang harus dibayar, tidak melebihi 30 persen dari penghasilan mereka.

Selain mereka, pembeli lainnya adalah investor yang sudah menjadi pelanggan produk-produk Elang Group. Marketing Manager Elang Group, Azhary Husni biasa menyebut jenis pembeli ini adalah repeat buyer

"Hanya, terhadap mereka, kami mematok DP 5 persen hingga 10 persen. Para investor ini mengharap keuntungan investasi dari rumah-rumah yang mereka beli. Biasanya mereka menjual kembali enam bulan atau setahun setelah serah terima kunci dengan kenaikan harga 10 persen-20 persen," urai Azhary.

Ada pun rumah-rumah murah yang dikembangkan Elang Group dibanderol seharga mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 400 juta per unit. (Baca:  Catat, Daftar Harga Rumah dengan Uang Muka Nol Persen).

Fenomena serupa juga terjadi di perumahan Citra Indah yang dikembangkan PT Ciputra Surya Tbk. Sales Executive Citra Indah, Fienso tak menampik bahwa pembeli rumah-rumah murah di proyek skala kota tersebut juga ada yang berprofil investor. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.