Meliá Hotels International Raup Laba 16,2 juta Euro

Kompas.com - 19/05/2015, 01:44 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Jaringan operator hotel internasional, Meliá Hotels International (MHI) mendulang keuntungan senilai 16,2 juta Euro selama bulan Januari hingga Maret 2015. Pencapaian tersebut melejit 98 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014.

Sementara di segmen pendapatan, MHI meraup 359 juta Euro, atau 14 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Peningkatan juga diperlihatkan hasil kinerja keuangan sebesar 27 persen atau 5,3 juta Euro akibat penurunan hutang bersih dan pertumbuhan suku bunga rata-rata. 

Wakil Ketua & CEO, Meliá Hotels International, Gabriel Escarrer, mengatakan, positifnya kinerja MHI, tak lepas dari pulihnya bisnis global yang berdampak positif pada tren pariwisata internasional.

"Di Spanyol, MHI menegaskan bahwa permintaan semakin membaik, tidak hanya di segmen rekreasi tetapi juga city hotel yang lebih tergantung pada konsumsi domestik, swasta dan perusahaan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (18/5/2015).

Ada pun performa bisnis hotel resor di Spanyol sudah mulai menuai hasil dari reposisi merek Sol Hotels pada kuartal pertama. Reposisi dimulai musim panas lalu dan akan diperpanjang pada musim panas tahun ini untuk 5 hotel baru yakni Sol Beach House Cala Blanca, Sol House Trinidad, Sol Guadalupe, Sol Barbados dan Sol Palmanova.

Peningkatan produk, reposisi dan diversifikasi, serta peluang segmentasi yang MHI kembangkan, meningkatkan proposisi nilai kepada konsumen yang pada gilirannya menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

Sebanyak 85 persen dari pertumbuhan revenue per available room (RevPAR) sebesar 10,2 persen selama Januari hingga Maret tahun ini berhubungan dengan Kepulauan Kanari, khususnya Pulau Tenerife dan penambahan Melia Jardines del Teide, yang sebelumnya berada di bawah perjanjian manajemen.

Pertumbuhan internasional

Selama kuartal pertama tahun ini, MHI juga telah menambah 14 hotel baru, semua di bawah manajemen atau perjanjian sewa variabel dan 86 persen di luar Spanyol, dengan fokus khusus atau 71 persen pada pasar negara berkembang.

Sehubungan dengan strategi untuk memperkuat segmen rekreasi dan merek kelas atas serta premium, hotel yang masuk dalam perjanjian kerjasama adalah ME by Meliá, Meliá, dan Innside by Meliá, serta penambahan pada hotel resor yaitu Sol Hotels.

Pertumbuhan yang signifikan ini semakin meyakinkan perusahaan dapat melebihi target untuk menambah 30 hotel baru tahun 2015. Perusahaan juga menyiapkan pembukaan hotel antara tahun 2015-2018, dengan lebih dari 60 hotel.

Hingga tahun ini, MHI telah membuka 8 hotel dan memiliki jadwal terencana baik untuk tahun 2015 dengan total jumlah hotel baru 16 unit dan 2016 sebanyak 22 hotel. 




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X