Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Tol Solo-Kertosono, Jasa Marga Butuh Kredit Bank Rp 7 Triliun

Kompas.com - 02/05/2015, 08:03 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

NGAWI, KOMPAS.com - Tol Solo-Ngawi-Kertosono merupakan bagian dari rencana pembangunan Jalan Tol Trans-Jawa. Ruasnya terbagi dua yaitu Solo-Ngawi dengan panjang 90,1 kilometer dan Ngawi-Kertosono sepanjang 87,2 kilometer.

Untuk membangun Tol Solo-Ngawi-Kertosono, investasi yang dibutuhkan tidak kurang dari Rp 9 triliun. Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Adityawarman optimistis bisa mendapatkan pinjaman dari perbankan untuk menutupi kekurangan dana.

"Kami sudah sounding (menyuarakan) ke bank-bank nasional. Harapan untuk dapat proyek ini sekitar Rp 10 triliun. Kalau equity Rp 3 triliun, kan tinggal cari Rp 7 triliun. Mereka (perbankan) tinggal bikin konsorsium," ujar Aditya di Ngawi, Jawa Timur, Kamis (30/4/2015).

Aditya tidak khawatir bank akan menolak, karena perbankan memiliki banyak simpanan. Selama ini, proyek yang ditawarkan ke bank justru tidak banyak.

Optimisme Aditya bertambah tinggi karena pihak perbankan percaya terhadap Jasa Marga. Ia menuturkan, kepercayaan itu terbentuk karena Jasa Marga tidak pernah mengalami keterlambatan pelunasan pinjaman dari perbankan. 

Tak hanya itu, hingga kini Jasa Marga memiliki arus kas (cash flow) yang baik sehingga pendapatan per hari bisa mencapai Rp 20 miliar. Hal ini, kata dia, bisa menjadi jaminan kuat atas kepercayaan bank terhadap Jasa Marga.

Lelang kontraktor

Untuk membangun Tol Solo-Kertosono tersebut, Aditya mengaku saat ini sedang lelang kontraktor. Prosesnya diperkirakan tidak lama, yaitu sekitar 2 bulan.

"Kan desain sudah semua. Dokumen sudah siap. Nggak perlu lama. Kalau 6 bulan (lelang) itu kalau yang masih 0 besar," kata Aditya.

Demikian halnya dengan Detail Engineering Design (DED) untuk Solo-Ngawi sudah mencapai 96 persen untuk jalan utama. Sisa 4 persen yang belum adalah pada gerbang tol. Sementara DED untuk Ngawi-Kertosono telah mencapai 86 persen.

Aditya berharap penyelesaian DED ini tidak akan mengganggu jadwal lelang kontraktor yang ditargetkan dalam dua bulan ini. Dengan demikian, pihaknya tinggal menyelesaikan DED untuk gerbang sambil proses lelang juga berjalan

"Nanti (hasilnya) berbarengan dengan kontraktor, tinggal adendum saja. Gerbangnya kayaknya gini.
Tapi tidak signifikan dengan harga penawaran, paling lebih 3 persen," jelas Aditya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com