Anggarkan Rp 3,5 Triliun, Ciputra Siapkan Proyek Raksasa di Makassar

Kompas.com - 21/04/2015, 06:00 WIB
Pantai Losari yang berlokasi di Jantung Kota Makassar KOMPAS.com/SRI NOVIYANTIPantai Losari yang berlokasi di Jantung Kota Makassar
|
EditorHilda B Alexander

 

CIBUBUR, KOMPAS.com - Ciputra Group, melalui tentakel PT Ciputra Surya Tbk, menganggarkan dana senilai Rp 3,5 triliun untuk membesut pengembangan proyek jumbo di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Ciputra Surya Tbk., Harun Hajadi, mengungkapkan, megaproyek tersebut bertajuk CitraLand City Makassar yang rencananya dibangun di atas lahan seluas 157 hektar. 

"Saat ini sedang dalam proses perizinan. Termasuk analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), karena terdapat perubahan rancangan induk (master plan). Akhir Mei, saya harapkan seluruh perizinan sudah selesai, dan kami bisa segera melansirnya kepada publik," ungkap Harun kepada Kompas.com, Senin (20/4/2015).

CitraLand City Makassar, jelas Harun, merupakan pengembangan skala kota yang mengintegrasikan hunian, pusat belanja, bangunan komersial, pusat rekreasi, taman, dan aneka fasilitas hiburan. Tahun pertama pengembangan berupa perluasan lahan akan menelan dana sekitar Rp 1 triliun.

"Perluasan lahan ini kami targetkan rampung pada 2017 mendatang," ujar Harun. 

Selain merilis CitraLand City Makassar, PT Ciputra Surya Tbk juga akan mengembangkan tiga proyek lainnya yakni CitraLand Jayapura, CitraGran Kendari, dan CitraLand Lampung. 

Kisaran harga hunian di CitraLand Jayapura mulai dari yang termurah Rp 1 miliar hingga termahal Rp 4 miliar. Sedangkan CitraGrand Kendari lebih diperuntukan bagi kelas menengah dengan harga jual antara Rp 400 juta hingga Rp 1,2 miliar. 

"Berikutnya CitraLand Lampung, kami patok sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1,5 miliar per unit," jelas Harun.

Untuk merealisasikan tiga proyek hunian tersebut, dan ekspansi CitraLand Surabaya, PT Ciputra Surya Tbk., membelanjakan modal sekitar Rp 800 miliar. Harun menguraikan, dari total belanja modal tersebut, separuh di antaranya yakni Rp 400 miliar digunakan untuk perluasan lahan dan pengembangan produk CitraLand Surabaya.

Sebagian sisanya untuk kepentingan belanja lahan dan pembangunan fasilitas serta infrastruktur CitraLand Jayapura, CitraGran Kendari, dan CitraLand Lampung.

"Kami berharap, dari penjualan ketiga proyek tersebut serta ekspansi CitraLand Surabaya dapat meraup penjualan senilai Rp 3,318 triliun tahun ini," pungkas Harun.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X