Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Swiss-Belhotel Ekspansi 32 Hotel

Kompas.com - 21/04/2015, 00:52 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIBUBUR, KOMPAS.com - Setelah membuka secara resmi Hotel Ciputra Cibubur pada Senin (20/4/2015), jaringan operator Swiss-Belhotel International, berencana menambah 32 portofolio pengelolaan dengan 1.000 kamar sepanjang tahun ini.

Sepuluh di antaranya, tersebar di kawasan Kemayoran, Kalibata, TB Simatupang, dan Bandara Internasional Sokearno-Hatta (Jakarta), Surabaya, kawasan Tuban, dan Petitenget (Bali), Jambi, Batam, dan Solo dengan merek berbeda, mulai dari Swiss Belhotel, Swiss Bel Inn, hingga Zest Hotel.

Senior Vice President Operations and Development Swiss-Belhotel International, Emmanuel Guillard, mengungkapkan, rencana ekspansi tersebut didasarkan pada pencapaian kinerja seluruh hotel yang mereka kelola.

"Tingkat okupansi rerata mencapai 75 persen. Kinerja terbaik adalah hotel yang kami kelola di Jayapura, Palu, dan Surabaya, rerata di atas 80 persen," tutur Guillard.

Untuk aset kelola terbaru, Hotel Ciputra Cibubur, Guillard juga menargetkan tingkat okupansi sekitar 75 persen. Optimisme tersebut bukan tanpa alasan, mengingat di kawasan Cibubur dan sekitarnya belum ada hotel berbintang yang representatif dan memenuhi kebutuhan pasar.

"Kami tidak ada saingan. Jadi, optimistis akan dipenuhi tamu baik individu maupun korporat. Permintaan pasar Cibubur sangat kuat, karena belum ada hotel sejenis dengan kelas yang sama di kawasan Cibubur," tandas Guillard.

Terintegrasi

Optimisme serupa dilontarkan Direktur Utama PT Ciputra Surya Tbk, Harun Hajadi, selaku pengembang Hotel Ciputra Cibubur. Menurutnya, fasilitas akomodasi yang dibangun di atas lahan seluas 29.139 meter persegi ini punya kans kuat menjaring tamu dari kelas menengah dengan area tangkapan (catchment area) Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Bekasi, Depok, dan Bogor.

Lagipula, tambah Harun, kelas menengah Cibubur dan sekitarnya sudah terjangkiti virus gaya hidup berpesta di hotel. Entah untuk pesta pernikahan, merayakan ulang tahun, reuni, ataupun ulang tahun.

"Selain itu, kami membangun hotel tidak secara stand alone, sebaliknya justru mengintegrasikannya dengan pusat belanja yang ceruk pasarnya beragam dan besar. Jadi, tidak akan tergantung pada satu sumber bisnis, misalnya hanya dari government spending," tutur Harun.

Dia melanjutkan, kalau tidak digabungkan dengan pusat belanja, membangun hotel menjadi tidak layak hitung secara investasi. Sebaliknya, jika skema pengembangan integral, perhitungan tanah hotel, bisa dibebankan kepada pusat belanja.

Hotel Ciputra Cibubur berisi 107 kamar dengan tipikal business suitesdeluxe business suites, dan "Kami mematok tarif promosi per kamar sekitar Rp 555.000 per malam. Setelah itu, tarif ditentukan sekitar Rp 700.000 per malam. Tergantung ketersediaan kamar, dan season," terang Direktur Ciputra Group, Iskandar Witjaksono, seraya menambahkan dana yang dialokasikan membangun Hotel Ciputra Cibubur senilai Rp 110 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com