Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2015, 13:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Salah satu taipan properti Inggris, John Caudwell, meluncurkan rencana terbaru melalui pengembangan Audley Square House senilai 2 miliar poundsterling (Rp 38,4 triliun).

Penemu Phones4U ini membangun apartemen super-mewah tersebut di atas lahan parkir Audley Street di Mayfair, pusat London, yang dia beli seharga 155 juta poundsterling (Rp 3 triliun). Rencananya, tempat parkir tersebut akan dihancurkan dan dibangun kembali menjadi apartemen dengan lahan parkir ganda bawah tanah (basement).

Audley Square House akan berisi lima rumah bandar, tiga griya tawang, dan 21 unit apartemen mewah. Properti ini diklaim bakal menyaingi One Hyde Park yang selama ini dijuluki tempat tinggal paling diinginkan di seluruh dunia.

Caudwell mendesain setiap rumah bandar dan griya tawang lengkap dengan fasilitas gym dan kolam renang pribadi. Sementara itu, untuk fasilitas umum, Caudwell menyediakan kolam renang sedalam 15 meter, pusat bisnis untuk ruang rapat,spa, bioskop, dan ruang bermain. Rencananya, kompleks ambisius Caudwell ini telah diajukan ke Westminster Council untuk disetujui.

Audley Square House dikategorikan sebagai bangunan superpremium, karena harga jualnya bernilai 10 ribu pound sterling atau Rp 178 juta per meter persegi.

Direktur Broker Rokstone, Becky Fatemi, menyebutkan Audley Square House adalah satu dari proyek residensial yang paling diincar dunia. Dia memperkirakan, unit ini akan terjual Rp 98 juta-Rp 125 juta per meter persegi.

SWNS

Caudwell akan membayar lebih dari 8 juta poundsterling (Rp 153,7 miliar) untuk kompensasi kepada Westminster Council. Jika propertinya terjual dengan harga maksimal, pemerintah setidaknya bisa meraih 100 juta poundsterling (Rp 1,9 triliun).

Sebelumnya, Caudwell telah memiliki sejumlah portofolio properti di Mayfair. Dia telah mengeluarkan jutaan poundsterling untuk mengonversi dua rumah menjadi sebuah mansion mewah. Dia juga memiliki rumah di sebelah Audley Square yang disewakan 15.000 poundsterling (Rp 288 juta) per minggu.

Selain itu, Caudwell telah memiliki 50 ruangan Broughton Hall di Stafforshire. Di lokasi ini, dia membangun miniatur rel pribadi untuk membawanya dan juga para tamu mengelilingi properti tersebut.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+