Selain LRT, Adhi Karya Juga Garap Grand Dhika City Cibubur

Kompas.com - 23/03/2015, 11:00 WIB
Persis di samping pintu Tol Cibubur Utama ini akan dikembangkan stasiun LRT yang terintegrasi dengan TOD Grand Dhika City. tribunnewsPersis di samping pintu Tol Cibubur Utama ini akan dikembangkan stasiun LRT yang terintegrasi dengan TOD Grand Dhika City.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Selain membangun light rail transit (LRT) rutel Cibubur-Grogol yang direncanakan dimulai konstruksinya pada kuartal IV 2015, PT Adhi Karya (Persero) Tbk juga bakal menggarap Grand Dhika City Cibubur.

Megaproyek multifungsi ini dirancang dengan konsep transit oriented development  (TOD) di atas lahan seluas 4,9 hektar hingga 5 hektar. Lokasinya berada persis di samping pintu Tol Cibubur arah Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Kiswodarmawan, memastikan rencana tersebut kepada Kompas.com, Senin (23/3/2015).

"Kami menyinergikan pengembangan LRT dengan TOD Grand Dhika City Cibubur. Ini dilakukan untuk efektivitas dan efisiensi biaya, tanah, dan juga konsep pengembangan terintegrasi," kata Kiswodarmawan.

Lebih jauh dia menjelaskan, lahan TOD Grand Dhika City Cibubur saat ini sedang dalam proses pembebasan dan siap untuk dimatangkan sekitar kuartal III 2015. Di dalam kompleks proyek multifungsi tersebut akan dibangun apartemen, pusat belanja, hotel, dan bangunan komersial lainnya yang menunjang operasionalisasi LRT Cibubur-Grogol.

"Lahan TOD Grand Dhika City Cibubur merupakan milik perseroan, hasil akuisisi. Sementara lahan untuk LRT Cibubur-Grogol beserta gedung parkir dan stasiunnya milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya berseberangan dengan Cibubur Junction. Keduanya terkoneksi secara langsung melalui sky bridge," ungkap Kiswodarmawan.

Perpres

Untuk memulai pembangunan LRT dan station hub-nya, Adhi Karya tinggal menunggu turunnya Peraturan Presiden (Perpres). Begitu Perpres turun, kata Kiswodarmawan, pihaknya sesegera mungkin merealisasikannya. "Biar warga Cibubur dan sekitarnya tidak frustrasi dan stress berat karena kemacetan parah," seloroh Kiswodarmawan.

Ada pun nilai investasi untuk membangun Grand Dhika City, menurut Kiswodarmawan, sekitar Rp 600 miliar hingga Rp 650 miliar. Namun, itu pun harus dibagi dengan proyek apartemen di Ciracas, Jakarta Timur. 

"Kekurangannya akan kami tutupi dari hasil penjualan dua proyek tersebut," ujar Kiswodarmawan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.