Kompas.com - 16/03/2015, 14:41 WIB
Menara ini akan mengarahkan sinar matahari ke jalan-jalan dan orang yang lewat di bawahnya, sehingga tidak membuat kota gelap karena terhalang gedung. http://www.independent.co.uk/Menara ini akan mengarahkan sinar matahari ke jalan-jalan dan orang yang lewat di bawahnya, sehingga tidak membuat kota gelap karena terhalang gedung.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, gedung jangkung adalah gambaran masa depan kota yang  mampu menampung sejumlah populasi. Tetapi, sebagian yang lain melihat pencakar langit modern dan menara yang menjulang tinggi sebagai penghalang sinar matahari dan menjadikan kota menjadi gelap.

Sebuah firma arsitektur internasional telah menemukan solusi baru, dengan merancang sepasang menara "tanpa bayangan" di Inggris. Menurut mereka, menara ini akan mengarahkan sinar matahari ke jalan-jalan dan orang yang lewat di bawahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsepnya tersebut diresmikan oleh perusahaan NBBJ, yang muncul di tengah-tengah perdebatan adanya peningkatan jumlah gedung-gedung tinggi di Inggris yang semakin pesat. Di London saja, lebih dari 230 menara sedang dalam pembangunan.

Desain baru ini mencakup menara kembar dengan bentuk melengkung dan miring untuk meminimalisasi proyeksi bayangan. Menggunakan algoritma, arsitek memperhitungkan sudut di mana matahari bersinar setiap hari selama satu tahun, dan menerjemahkannya ke dalam desain bangunan.

Meski dirancang memantulkan sinar, menara ini juga diperhitungkan agar meredakan cahaya ke daerah di bawah mereka. Hal ini untuk menghindari terulangnya bencana "Walkie Talkie" London, di 20 Fenchurch Street. Pada tahun 2013, gedung pencakar langit yang berbentuk lebar dan berjuluk "Walkie Scorchie" telah membuat sebuah mobil meleleh.

Sementara menara kembar ini berlokasi di Greenwich, London selatan. Namun pada prinsipnya, konsep bangunan seperti ini dapat diterapkan di mana saja di dunia, kata para peneliti. Idenya sendiri datang dari sebuah tim di NBBJ, yang sebelumnya telah merancang bangunan untuk Amazon, Google, Samsung dan Microsoft.

Menurut direktur desain NBBJ, Christian Coop, proyek ini mengadopsi upaya dalam meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan dan menemukan cara di mana kita dapat memiliki gedung-gedung tinggi tanpa membuat area di bawahnya kehilangan cahaya alami.

"Ini adalah teori "kelayakan yang sempurna". Jika Anda bisa mengurangi masalah dengan bayangan menara, maka ini menjadi hal yang baik," kata Kepala Forum New London Architecture (NLA), Peter Murray.

Sementara itu, Dr Philip Oldfield, seorang ahli dalam gedung-gedung tinggi di Departemen  Arsitektur Universitas Nottingham, mengatakan, kebutuhan terhadap proyek ini adalah adanya fokus pada bentuk tinggi bangunan dan bentuk bangunan itu sendiri.

"Gedung ini tidak hanya dibuat untuk terlihat dramatis, tetapi untuk memberikan kontribusi dalam menciptakan ruang yang nyaman di permukaan tanah," kata Phillip.

Izin perencanaan gedung ini sedang menunggu persetujuan, bersama dengan 236 bangunan bertingkat tinggi baru lainnya di pusat kota London.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.