Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Pembangunan Bendungan Keureuto Senin Besok

Kompas.com - 08/03/2015, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

LHOKSUKON, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan dimulainya pembangunan Bendungan Keureuto, di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, pada Senin besok (9/3/2015).

Peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Keureuto ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Jokowi selama dua hari di Aceh. Mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, dan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Mudjiadi.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com Sabtu malam (7/3/2015), selain melakukan peletakan batu pertama Bendungan Keureuto, Jokowi dan Basuki juga dijadwalkan meninjau PT Pertamina Gas Arun, Bendungan Paya Seunara, pelabuhan bebas Sabang dan peluncuran Logo Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70.

Pembangunan Bendungan Keureuto ditujukan sebagai tempat tampungan khusus banjir sebesar 30,50 juta meter kubik. Bendungan ini diharapkan dapat mereduksi debit banjir hinga 50 tahun periode ulang.

Bendungan Keureuto juga berfungsi untuk penyediaan air irigasi seluas 9.420 hektar, air baku dengan kapasitas 500 liter per detik, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 6,34 megawatt, serta manfaat ikutan lainnya, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah.

Secara geografis, lokasi Bendungan Keureuto dan bangunan fasilitasnya terletak di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong. Sedangkan rencana genangan terletak di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Desa Plu Pakam dan Desa Makarti, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

Pekerjaan pembangunan Bendungan Keureuto dilaksanakan dengan skema tahun jamak mulai 2015 hingga 2019 dan akan menelan dana sekitar Rp 1,7 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com