Kompas.com - 01/03/2015, 08:03 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Selama ini, kita cenderung menerima bahwa pembangunan adalah proses berantakan. Tapi, cobalah bayangkan, jika dalam suatu proyek, banyak material yang tersisa.

The Construction and Demolition Recycling Association memperkirakan, saat konstruksi dan pembongkaran menghasilkan sekitar 325 juta ton sampah setiap tahun di Amerika Serikat.

US Green Building Council bahkan memperkirakan konstruksi bangunan hanya memakai 40 persen bahan bangunan yang digunakan. Sementara 30 persennya menjadi onggokan limbah di Amerika Serikat.

Untungnya, ada banyak kesempatan bagi arsitek dan desainer untuk mengurangi angka-angka limbah tersebut.

Sebagian besar dari kita akrab dengan "reduce, reuse, and recycle" atau "mengurangi, menggunakan kembali, daur ulang". Prinsip dasar ini ternyata bisa meminimalisasi limbah konstruksi.

Selain itu, ada juga cara-cara positif yang digunakan oleh arsitek dan desainer yang mampu memengaruhi produksi limbah melalui desain dan spesifikasi material.

Anda dapat menentukan bahan terbarukan, atau produk dengan konten daur ulang yang tinggi. Anda juga bisa memilih bahan dengan kandungan energi yang rendah. Anda pun dapat memilih untuk menggunakan kembali bahan yang ada dari bangunan yang sudah tidak terpakai. Dengan
demikian, orang-orang di sekitar tidak terdampak oleh limbah.

Reuse (repurpose)

Tidak mengherankan, cara ini paling efisien untuk mengurangi limbah konstruksi. Repurposing adalah menggunakan kembali bahan yang ada untuk didaur ulang.

Reuse juga memperluas ke bahan bangunan reklamasi dari proyek-proyek lain. Bahkan jika tidak
dapat direnovasi, bahan struktur yang ada masih mungkin untuk digunakan kembali di tempat lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Houzz.com


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.