Cegah Rumah Bocor Saat Hujan dengan Cara Ini...

Kompas.com - 09/02/2015, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Saat musim hujan, rumah yang kurang perhatian, bisa menyulitkan. Air hujan, bisa merembes masuk ke dalam rumah dengan berbagai cara. Oleh karena itu, penanganan dini agar rumah terhindar dari kebocoran, sangat diperlukan.

Berikut beberapa ulasan yang bisa Anda ikuti sebagai upaya preventif menghadapi musim hujan.

Kemiringan atap

Pada saat membangun rumah, kondisi atap sebaiknya dirancang dengan kemiringan 30 - 40 derajat. Kemiringan yang tepat merupakan salah satu cara menghindarkan air menggenang dan kebocoran.

Kurangi sambungan atap karena sambungan ini memiliki potensi besar terjadinya bocor. Lalu, jika rumah sudah terbangun, perhatikan keretakan yang mungkin ada di atap rumah Anda.

Perhatikan juga bubungan atap

Jika terdapat retak pada bubungan, berikan kawat kasa dan lapisi dengan cat anti-air (waterproof). Jika retaknya besar, sebaiknya Anda membobolnya terlebih dahulu, baru memplester kembali bagian tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memperhatikan bagian yang retak, jangan lupa juga untuk menjaga agar plafon tidak lembab. Plafon yang lembab dapat menjadi lapuk dan roboh. Selain itu, kayu yang terpapar air karena bocoran air hujan juga menjadi tempat paling disukai rayap.

Khusus untuk atap asbes, jangan lupa melapisi paku baut dengan karet dan dipelingkut di area pakunya. Setelah itu, baru Anda mengebornya. Dengan begitu, air tidak rembes melalui celah lubang paku.

Selesaikan masalah air rembes

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X