Kompas.com - 11/01/2015, 22:05 WIB
Ilustrasi. Rumah pintar dilengkapi teknologi mutakhir, memudahkan penghuni menjalani aktivitas sehari-hari. shutterstockIlustrasi. Rumah pintar dilengkapi teknologi mutakhir, memudahkan penghuni menjalani aktivitas sehari-hari.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Teknologi yang terus berkembang dan memungkinkan terjadinya konektivitas, membuat konsep rumah pintar atau "smart home" bukan lagi khayalan tingkat tinggi untuk masa depan. Hongkong, merupakan bukti nyata bahwa konsep "smart home" bisa diimplementasikan.

Chief Technology Officer HKT Limited Group, Paul Berriman, menjelaskan, tingginya tingkat infrastruktur teknologi yang tersedia di setiap rumah tangga di Hongkong membantu mewujudkan konsep "smart home". Infrastruktur teknologi itu termasuk di dalamnya  konektivitas broadband dan penetrasi telepon seluler.

Berriman menambahkan, dengan ketersediaan solusi jaringan internet di setiap rumah secara luas, memberikan berbagai pilihan yang dapat diintegrasikan untuk menikmati gaya hidup yang cerdas.

"Seluruh teknologi internet dan konektivitas broadband, mendorong kami mampu menyediakan arsitektur teknologi dan perangkat yang membantu pelanggan terhubung dengan peralatan pengendali di sekitar dan di luar rumah," ujar Berriman.

Konsep "smart home", tambah Berriman, memungkinkan pelanggan untuk menjalani kehidupan sehari-hari secara efektif, efisien, lebih sederhana, cepat, dan menyenangkan. Contohnya, pelanggan dapat menggunakan tablet mereka untuk mengontrol pengaturan cahaya lampu, tirai, AC, televisi dan keamanan rumah, tanpa harus berada di rumah.

Teknologi juga telah menghubungkan masyarakat ke banyak aspek kehidupan lainnya. Sehingga dapat dimengerti bila mereka juga berusaha untuk mengontrol peralatan rumah dan mengakses hiburan serta campuran layanan informasi kapan saja dan di mana saja melalui telepon pintar atau tablet.

Berriman juga menunjukkan bahwa jaringan serat optik HKT yang luas memungkinkan pelanggan untuk menikmati konektivitas kecepatan tinggi.

"Jaringan serat optik kami bisa menjangkau orang-orang yang tinggal di perahu dan kapal pesiar. Sehingga mereka dapat menikmati televisi dan internet nirkabel hanya dengan satu sentuhan," kata Berriman.

HKT telah menyediakan konektivitas serat optik untuk 85 persen dari semua bangunan hunian di seluruh Hongkong.

Bagaimana dengan Indonesia?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.