Kompas.com - 03/01/2015, 09:30 WIB
Bambu bisa dimanfaatkan sebagai material konstruksi rumah. www.designboom.comBambu bisa dimanfaatkan sebagai material konstruksi rumah.
Penulis M Latief
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai sandang hingga papan, bisa dihasilkan dari pemanfaatan bambu. Material bambu juga bisa dijadikan sebagai sumber energi masa depan.

"Karena itu, tahun ini kami ingin eksis membangun Indonesia dari kampung sesuai dengan visi awal kami. Membangun dengan bambu," ujar Mukoddas Syuhada, pendiri Banten Creative Community (BCC) di Serang, Jumat (3/1/2015).

Mukoddas mengatakan, BCC saat ini tengah mempersiapkan program penanaman bambu secara nasional sampai 2025 nanti. Program ini akan melibatkan kalangan generasi muda. BCC sendiri telah melakukan regenerasi kepengurusan yang melibatkan anak-anak muda di Banten bertempat di Kampung Bedeng, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Menurut Mukoddas, pihaknya telah menyiapkan program bambu untuk kedaulatan sandang, pangan, papan, energi, dan lingkungan yang diharapkan pada 2015 ini akan dapat tercapai di sejumlah daerah di Indonesia.

Dia mencontohkan, di bidang sandang, serat tanaman bambu dapat dipintal menjadi kain yang kualitasnya tidak kalah dengan serat kapas, ke depannya diharapkan serat bambu ini dapat menggantikan kapas karena lebih efisien.

Bambu juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan, kalau selama ini kita mengenal rebung sebagai sayuran, sebenarnya rebung ini juga dapat dibuat tepung yang nantinya bisa dibuat beragam panganan.

"Sementara untuk papan, kemampuan bambu tidak perlu diragukan lagi, bahkan dari segi kekuatannya bambu melebihi kayu, bambu juga dapat dimanfaatkan untuk pembangunan jembatan yang lebih ramah lingkungan," jelas Mukoddas.

Ampas bambu, ungkap Mukoddas, juga dapat diolah menjadi energi biomasa yang dinilai lebih ramah lingkungan dan menjadi salah satu sumber energi di masa depan.

Mukoddas mengatakan, bambu sebenarnya merupakan tanaman yang mudah tumbuh dalam berbagai kondisi lahan, bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung di lahan kritis, untuk mencegah longsor, serta akarnya mampu menyimpan air sehingga membuat tanah tetap dapat menyimpan air.

"Kami akan terus melakukan penelitian terhadap manfaat bambu, serta melalui relawan kami dari kalangan mahasiswa akan terus memperkenalkan kepada masyarakat mengenai manfaat bambu," jelas Mukoddas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.