Kompas.com - 27/12/2014, 18:24 WIB
|
EditorHilda B Alexander

DEPOK, KOMPAS.com - Berangkat dari kecintaan terhadap perkembangan dan kemajuan Kota Depok, Rumah Komunitas menggagas pertemuan tahunan bertajuk Depok Community Festival. Perhelatan ini akan dilangsungkan pada Minggu, 28 Desember 2014, di LIA Margonda, Depok.

Menurut pendiri Rumah Komunitas, Emil Elestianto Dardak, Depok Community Festival diikuti lebih dari 100 komunitas dengan latar belakang berbeda. Mulai dari komunitas pebisnis pemula, komunitas pecinta teknologi informasi, komunitas "hijaber", komunitas otomotif, hingga komunitas pecinta binatang.

"Aktivitas Depok Community Festival kali ini mungkin yang terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia," klaim Emil kepada Kompas.com, Sabtu (27/12/2014).

Dia melanjutkan, Depok Community Festival kali ini merupakan penyelenggaraan tahun ketiga dengan tema besar berbeda setiap tahunnya. Untuk pertemuan tahun 2014 ini, temanya dianggap istimewa karena mengetengahkan urban civic movement atau gerakan sipil perkotaan.

"Komunitas merupakan agen perubahan yang diharapkan dapat melakukan transformasi Kota Depok ke arah yang lebih baik. Masyarakatlah yang harusnya berperan aktif dalam mewujudkan kota lebih hijau, cerdas, dan layak huni atau green city, smart city, dan liveable city," tutur Emil.

Emil menambahkan, Depok yang merupakan kota percontohan smart city  dan kota-kota lainnya di Indonesia harus mampu wujudkan konsep megapolitan polycentric bagi Jabodetabek yang akan menjadi megapolitan kedua terbesar di dunia.

"Dengan tantangan Depok sebagai kota resapan air yang tidak bisa mendorong industri secara massal, konsep smart cities menjadi penting untuk mendorong ekonomi berbasis pengetahuan sebagai tulang punggung dalam mendorong dekonsentrasi kegiatan jasa dan perdagangan dari pusat kota Jakarta," tuturnya.

Emil juga mengutip laporan internasional dari Ovum Analysis, bahwa kunci kesuksesan smart cities ada dua, yaitu digital city strategies yang melibatkan inisiatif formal pemerintah kota, serta digital society initiative yang melibatkan gerakan kolaboratif dari masyarakat kota. Gerakan komunitas Depok sebagai sebuah gerakan kesadaran masyarakat perkotaan melambangkan digital society initiative.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.