Enam Ribu Orang Dikerahkan untuk Merampungkan Perluasan Masjid Nabawi

Kompas.com - 16/12/2014, 19:10 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Sebanyak 6.000 orang dikerahkan untuk menyelesaikan konstruksi perluasan dan renovasi Masjid Nabawi, di Madinah, Arab Saudi. Mereka merupakan tukang bangunan, teknisi, dan penyelia konstruksi.

Perluasan Masjid Nabawi merupakan bagian dari proyek yang diprakarsai oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah senilai 25 miliar riyal atau setara Rp 85,3 triliun.

Perluasan dan renovasi tidak hanya difokuskan pada bangunan utama masjid, melainkan ruang bawah tanah, sistem otomatisasi bangunan, dan lingkungan sekitarnya, dengan luas total properti diperkirakan mencapai 12,5 hektar.

Ribuan pekerja tersebut membangun infrastruktur di sisi timur dan barat masjid. Selain itu, sebagian dari mereka juga bertanggung jawab terhadap pembangunan lebih dari 100 properti termasuk Pasar Ansar, gedung Awqaf dan rumah sakit anak-anak.

Sementara sebagian pekerja lainnya merampungkan konstruksi perpustakaan Raja Abdullah dan sejumlah hotel besar yang mengelilingi Masjid Nabawi.

Jika kelak rampung terbangun, fasilitas ibadah ini dapat menampung lebih dari 1,8 juta jemaat yang merupakan terbanyak dalam sejarah Masjid Nabawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber albawaba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.