Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Ribu Orang Dikerahkan untuk Merampungkan Perluasan Masjid Nabawi

Kompas.com - 16/12/2014, 19:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber albawaba
KOMPAS.com - Sebanyak 6.000 orang dikerahkan untuk menyelesaikan konstruksi perluasan dan renovasi Masjid Nabawi, di Madinah, Arab Saudi. Mereka merupakan tukang bangunan, teknisi, dan penyelia konstruksi.

Perluasan Masjid Nabawi merupakan bagian dari proyek yang diprakarsai oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah senilai 25 miliar riyal atau setara Rp 85,3 triliun.

Perluasan dan renovasi tidak hanya difokuskan pada bangunan utama masjid, melainkan ruang bawah tanah, sistem otomatisasi bangunan, dan lingkungan sekitarnya, dengan luas total properti diperkirakan mencapai 12,5 hektar.

Ribuan pekerja tersebut membangun infrastruktur di sisi timur dan barat masjid. Selain itu, sebagian dari mereka juga bertanggung jawab terhadap pembangunan lebih dari 100 properti termasuk Pasar Ansar, gedung Awqaf dan rumah sakit anak-anak.

Sementara sebagian pekerja lainnya merampungkan konstruksi perpustakaan Raja Abdullah dan sejumlah hotel besar yang mengelilingi Masjid Nabawi.

Jika kelak rampung terbangun, fasilitas ibadah ini dapat menampung lebih dari 1,8 juta jemaat yang merupakan terbanyak dalam sejarah Masjid Nabawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber albawaba

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com