Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Film, Konstruksi Masjid Unik Sancaklar Terekam Utuh

Kompas.com - 04/11/2014, 07:25 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Masjid Sancaklar terletak di pinggir Istanbul. Desainnya merupakan contoh unik dari arsitektur modern di antara tempat-tempat ibadah Islam Turki yang didominasi oleh tipologi bangunan historis.

Dalam rangka mencerminkan proses penciptaan karya unik arsitektur, SGMStudio mendokumentasikan pembangunan Masjid Sancaklar dari awal hingga selesai selama lebih dari dua tahun.

Tim kreatif memberi penekanan arsitektur bangunan antara alam dan kesan artifisial melalui film, media yang tidak biasa di antara representasi arsitektur kebanyakan. Tim juga mengadopsi perubahan musim yang terekam pada proses konstruksi sebagai latar belakang ceritanya.

Film Masjid Sancaklar menggambarkan transformasi bangunan mulai dari struktur kerangka hingga menjadi tempat untuk beribadah. Dalam waktu yang sama, film tersebut juga mengintegrasikan antara pemandangan alam yang menarik, lanskap buatan manusia, serta geometri bangunan.

SGMStudio menghabiskan waktu selama 35 hari dalam 24 bulan pembangunan Masjid Sancaklar. Karena saat musim dingin mereka tidak dapat mendokumentasikan pembangunannya, tim mencoba menciptakan efek salju dengan bantuan manipulasi foto dan tampilan 3D.

Tujuan utama pembuatan film ini adalah untuk manifestasi terpadu antara siluet modern dan referensi bangunan Islam. Potongan musiknya menggabungkan musik klasik yang menghilangkan suara bisingnya pembangunan konstruksi dan menyajikan ketenangan.

Film yang memvisualisasikan mulai dari transformasi baja, beton dan batu hingga menjadi tempat ibadah ini, akan diputar secara perdana di Architecture Week Prague.

Tonton filmnya di sini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com