Kompas.com - 15/12/2014, 18:28 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan berfulus tak terbatas di Indonesia, tampaknya semakin diuntungkan dengan banyaknya pilihan apartemen supermewah. Para pengembang yang memang bisnis intinya properti, berlomba menyediakan apartemen dengan harga setara Lamborghini Aventador atau bahkan Rolls Royce Ghost Coupe per unitnya.

Sebut saja PT Ciputra Property Tbk dengan Raffles Residences, di koridor Satrio, Jakarta Selatan, PT Putragaya Wahana dengan Thamrin Nine Residences, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, PT Kencana Graha Optima dengan Mangkuluhur City, konsorsium Salim-Kerry-Lyman Group dengan Casa Domaine atau Farpoint dengan The Hundred di Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Kini tak ketinggalan raksasa otomotif Indonesia, PT Astra International Tbk (AI), ikut menggarap pasar dengan ceruk terbatas (niche market) itu. Melalui kerjasama ventura dengan Hongkong Land, sayap bisnis properti AI yakni Astra Property, membentuk PT Brahmayasa Bahtera.

Mereka sepakat mengembangkan hunian vertikal luks bertajuk Anandamaya Residences di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, sebanyak 509 unit dalam tiga menara. Tak main-main, harga jualnya dipatok sekitar Rp 85 juta hingga Rp 87 juta per meter persegi.

Dengan demikian, jika unit terkecilnya saja seluas 131 meter persegi atau dua kamar tidur, maka konsumen harus merogoh pundi sekitar Rp 11,1 miliar. Sedangkan unit terluas dengan tiga kamar tidur di kedua menara tersebut sekitar 174 meter persegi dan dihargai sekitar Rp 14,75 miliar. Unit terkecil dan terluas itu ada di Tower Two dan Tower Three dari Anandamaya Residence.

Harga-harga apartemen semi furnished  tersebut nyaris serupa dengan harga mobil supermewah impor (completely built up) merek Lamborghini Aventador Lp 700-4 dan Rolls Royce Panthom.

Harga lebih tinggi dipatok untuk unit-unit pada Anandamaya One yang disebut sebagai luxury tower. Unit terkecilnya sekitar Rp 18,9 miliar seluas 217 meter persegi atau nyaris senilai dengan Rolls Royce Ghost Coupe dan terluas sekitar Rp 87 miliar untuk dimensi 1.000 meter persegi (super penthouse).

Chief Astra Property, David Iman Santosa, mengungkapkan, kendati harga unit-unit Anandamaya Residences tinggi, namun peminatnya sangat banyak. Hingga saat ini, dari total 509 unit, telah terjual 80 persen.

"Mayoritas konsumen membeli unit dengan tipe empat kamar tidur atau seluas 360 meter persegi seharga Rp 31,3 miliar. Seluruh 34 unit tipe empat kamar tidur ini telah terjual," ungkap David kepada Kompas.com, Senin (15/12/2014).

Tingginya tingkat penjualan tersebut, diperkuat riset JLL. Menurut Head of Residential JLL, Luke Rowe, dari sekitar 3.000 unit pasokan eksisting apartemen mewah, sebanyak lebih kurang 2.500 unit di antaranya terserap pasar.

"Sementara secara umum, pasar apartemen masih sangat menjanjikan. Tingkat penjualan untuk pasokan apartemen baru hingga 2017 mendatang sekitar 78 persen dari total 56.110 unit. Sedangkan untuk pasokan eksisting sebanyak 93.638 unit sudah terserap 97,5 persen," tandas Luke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.