Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Langkah Perlu Dilakukan Sebelum Berlibur

Kompas.com - 10/12/2014, 07:27 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Libur akhir tahun semakin dekat. Selain natal, tahun baru juga identik dengan liburan. Namun, sebelum berlibur, Anda harus memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang akan Anda tinggalkan, rumah dan seluruh isinya.

Berikut hal yang perlu Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah:

Bersihkan tempat-tempat berbau

Tempat sampah, baik di dapur, kamar mandi, kamar tidur, maupun di ruangan lain, harus bersih saat Anda bepergian. Selain tempat sampah, bak pencuci piring, mesin pembuat kopi, dan lemari pendingin, juga harus bersih sebelum Anda pergi, khususnya jika dalam jangka waktu yang lama. Anda tentu tidak ingin menghirup udara tidak sedap saat Anda pulang. Tidak hanya mengosongkan, Anda juga perlu membersihkannya.

Cek keamanan

Apakah jendela, pintu, dan garasi sudah tertutup dan terkunci? Apakah tirai sudah tertutup? Apakah Anda meninggalkan kendaraan di tempat yang aman? Pastikan tidak ada barang-barang yang terlihat dari luar. Buatlah sketsa singkat denah rumah Anda dan barang-barang yang perlu dikunci, dan berikan penanda pada denah rumah Anda.

Simpan energi dan lindungi dari kerusakan

Lepas seluruh peralatan elektronik dari stop kontak. Cek sistem pendingin atau penghangat ruangan, begitu juga dengan penghangat air. Apakah seluruhnya sudah dimatikan? Pertimbangkan juga untuk mematikan aliran air selama Anda meninggalkan rumah. Selain itu, Anda pun harus memastikan peralatan memasak seperti kompor, oven, dan pembuat kopi dalam keadaan mati.

Menyiram tanaman

Berikan tanaman Anda air yang cukup selama Anda pergi, dan letakkan tanaman tersebut pada area yang optimal. Pastikan tanaman Anda mendapatkan cahaya yang cukup.

Komunikasi dengan tetangga

Jika ada tetangga yang tidak pergi berlibur, mintalah bantuannya untuk turut memperhatikan rumah Anda. Anda juga bisa memberikan nomor pribadi dan nomor alternatif jika ada hal-hal berbahaya terjadi pada rumah Anda.

Selamat berlibur!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com