Rasa Liar Nuansa "Psychedelic"

Kompas.com - 27/10/2014, 15:03 WIB
Dua ruang pameran di Kunsthalle, Nürnberg, menjadi sebuah kanvas tak berujung. Lantai, dinding, dan langit-langit dari situs seni di Jerman itu telah berpigmen dengan ragam garis paralel berwarna-warni. www.designboom.comDua ruang pameran di Kunsthalle, Nürnberg, menjadi sebuah kanvas tak berujung. Lantai, dinding, dan langit-langit dari situs seni di Jerman itu telah berpigmen dengan ragam garis paralel berwarna-warni.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Menyatukan lukisan dengan arsitektur, seniman asal New York, Markus Linnenbrink, telah mengubah dua ruang pameran di Kunsthalle, Nürnberg, menjadi sebuah kanvas tak berujung. Lantai, dinding, dan langit-langit dari situs seni di Jerman itu telah berpigmen dengan ragam garis paralel berwarna-warni.

Melintasi ruang-ruang galeri, Linnenbrink membuat spesifik permainan garis-garis itu, sekaligus ingin menunjukkan gagasan ruang yang tanpa henti berkembang. Adaptasi warna itu, yang ia beri judul 'Wasserscheide' (Tugu Peringatan), berusaha membangkitkan rasa liar. Nuansa psychedelic di dalamnya membuat pengunjung hampir kesulitas untuk mengikutinya.

www.designboom.com Lantai, dinding, dan langit-langit dari situs seni di Jerman itu telah berpigmen dengan ragam garis paralel berwarna-warni.
Linnenbrink mulai menerapkan lapisan cat transparan untuk dinding. Ia kemudian secara bertahap mengurangi lebar garis-garis. Selama proses ini, ia membiarkan lapisan cat tampil mengkilap dan bersinar satu sama lain.

Efek "gambar" pada ruang ini sepertinya memang tak dapat ditangkap cara sekilas. Semua akan  tergantung pada kelincahan mata pemirsanya. Berbagai dampak estetika, emosional dan psikologis akan terbentuk di ruangan ini. Pengunjung dapat menikmati karya Linnenbrink ini di Nürnberg Kunsthalle sampai 10 Desember 2014 nanti.

www.designboom.com Efek



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X