Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Unik Ini Bisa Menghasilkan Listrik Sendiri

Kompas.com - 09/10/2014, 17:39 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com — Sebuah rumah unik kembali diciptakan. Kali ini dinamakan "Hydroelectrical Tidal House" atau "Rumah Listrik Tenaga Ombak atau Air Pasang". Seperti namanya, listrik dalam rumah ini dihasilkan oleh gelombang pasang laut.
 
Sang arsitek, Margot Krasojevic, meletakkan fondasi rumah unik ini ke dalam pasir atau bebatuan di sekitar pantai. Struktur bangunannya terdiri dari dua bagian, yakni bagian luar bermaterikan cor beton dengan jangkar atau dasar rumah diletakkan menuju pantai. Sementara bagian dalam dibuat sedikit lebih tinggi agar gelombang pasang dapat mengalir di sekitar kerangka utama.
 
Untuk bisa mengakomodasi jumlah listrik yang dihasilkan, Krasojevic membuat lapisan gabungan berbentuk setengah lingkaran yang mengandung sel-sel surya. Lapisan ini nantinya akan menyediakan pasokan listrik ke ruang tamu.
 
Selain itu, sebuah penampang melintang dibuat dari berbagai macam mekanisme hidrolik untuk menghasilkan daya dari gelombang pasang. Teknologi dalam rumah ini memang dikhususkan untuk memprediksi gerak gelombang air yang lebih mudah dibaca ketimbang energi angin dan matahari atau surya.

Dua turbin

 
Ada dua turbin yang digunakan dalam Hydroelectrical Tidal House. Turbin pertama menggunakan ruang aluminium ringan, berguna untuk memampatkan udara yang terjebak ketika gelombang pasang menerobos masuk ke dalam rumah dan menciptakan arus listrik. 
 
Sementara turbin kedua mengombinasikan energi terbarukan, dalam hal ini gelombang pasang, dengan magnet neodymium untuk bergerak melalui tabung kawat tembaga. Gerakan itu kemudian menimbulkan muatan osilasi yang mendorong dan menarik energi yang tersimpan dalam kapasitor. Turbin kedua ini lebih menyerupai generator elektromagnetik.
 
Lapisan dalam rumah terbuat dari paduan struktur monocoque non-logam ringan yang mengapung di dalam bungker eksternal saat gelombang pasang melewatinya. Setidaknya ada tiga modul dalam rumah ini. Ketiganya membuat rumah ini dapat dibongkar dengan mudah sesuai persyaratan fungsional sebuah tempat tinggal.
 
Untuk memaksimalkan jumlah energi dalam rumah, Krasojevic juga mengembangkan serangkaian saluran air yang dapat bergerak ke mana saja. Nantinya, saluran air itu akan membuat efek pusaran yang mampu memaksimalkan jumlah energi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com