Kompas.com - 22/09/2014, 15:07 WIB
Rumah seluas 96 meter persegi ini juga mendapat julukan 'rumah bersandar'. Pasalnya, rumah itu www.designboom.comRumah seluas 96 meter persegi ini juga mendapat julukan 'rumah bersandar'. Pasalnya, rumah itu "diangkat" di tepian sebelah selatan dengan tujuan memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Sebuah rumah idealnya berbentuk simetris dan tegak lurus dengan tanah. Namun, di Korea Selatan ada sebuah rumah memiliki bentuk laiknya sebuah peluncur roket yang sedang menghadap ke langit.

Berlokasi di dekat danau Chungpyong, Korea Selatan, sebuah studio desain dan penelitian bernama PRAUD membangun sebuah rumah dua lantai yang menjembatani hubungan kompleks antara kondisi topografi dan orientasi. Rumah seluas 96 meter persegi ini juga mendapat julukan 'rumah bersandar'. Pasalnya, rumah itu "diangkat" di tepian sebelah selatan dengan tujuan memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

www.designboom.com Di dalamnya, desain rumah yang miring atau condong ke bawah memungkinkan adanya penambahan luas lantai. Ruang tamu dan teras diposisikan di atas dan langsung berhadapan dengan sinar matahari dari atas.
Bukannya menambah struktur terpisah pada bangunan, PRAUD malah membuat sebuah bentuk rumah yang terhimpun satu sama lain sebagai sistem pendukungnya. Di bagian bawah bentuk rumah yang menghadap langit, ada sebuah kotak kaca yang berguna untuk menghilangkan kebutuhan struktural elemen lainnya.

Di dalamnya, desain rumah yang miring atau condong ke bawah memungkinkan adanya penambahan luas lantai. Ruang tamu dan teras diposisikan di atas dan langsung berhadapan dengan sinar matahari dari atas.

www.designboom.com 'Rumah bersandar' ini merupakan jenis rumah kantor dan dibangun di atas lahan seluas 482 meter persegi. Material rumah ini didominasi oleh seng dan kayu IPE.
Sementara itu, di bagian luar, PRAUD memperlakukan setiap permukaan yang ada menjadi sebagai bagian dari satu kotak tunggal menggunakan seng untuk membungkus keseluruhan bangunan. Garis diagonal secara keseluruhan terus menerus membantu meningkatkan keterbacaan rumah terhadap medan bergelombang.

'Rumah bersandar' ini merupakan jenis rumah kantor dan dibangun di atas lahan seluas 482 meter persegi. Material rumah ini didominasi oleh seng dan kayu IPE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.