"Gletser" Tak Terbendung, New York dan Shanghai Terancam Tenggelam

Kompas.com - 14/08/2014, 15:43 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Mencairnya gletser Antartika akibat pemanasan global dapat mendorong permukaan air laut lebih cepat daripada yang diyakini sebelumnya. Para peneliti Jerman mengatakan, hal tersebut berpotensi mengancam kota-kota besar, misalnya New York dan Shanghai, tenggelam.

Pada abad ini debit es Antartika dapat menaikkan permukaan laut sebanyak 37 cm (14,6 inci), khususnya jika efek gas rumah kaca terus bertambah. Demikian hasil studi yang dipimpin oleh Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim di Jerman. Menurut para peneliti itu kenaikan mungkin sedikitnya 1 sentimeter.

"Ini sangat besar, itulah mengapa kami menyebutnya risiko," kata Anders Levermann, penulis utama studi tersebut.

"Sains harus bisa menjelaskan tentang ketidakpastian ini sehingga para pengambil keputusan di pantai dan kota-kota besar pesisir dapat mempertimbangkan implikasi dalam proses perencanaan mereka menghadapi berbagai kemungkinan," tambahnya.

NASA memperkirakan, gletser di wilayah Amundsen Sea mengandung air yang cukup untuk menaikkan permukaan laut global setinggi 4 kaki (1,2 meter) dan pencairan gletser mungkin tak lagi "terbendung".

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Antartika akan menjadi penting dalam jangka panjang," kata Levermann. "Tapi, semua bukti tampaknya mengarah bahwa Antartika bisa menjadi penyebab dominan dari meningkatnya permukaan laut yang lebih cepat," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.