Indahnya Kerumitan Arsitektur Iran

Kompas.com - 07/08/2014, 13:42 WIB
Motif labirin hadir di seluruh budaya timur tengah. Penampilannya seringkali sangat kompleks dan rumit dalam komposisi dan detail mereka. www.designboom.comMotif labirin hadir di seluruh budaya timur tengah. Penampilannya seringkali sangat kompleks dan rumit dalam komposisi dan detail mereka.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Motif labirin hadir di seluruh budaya timur tengah. Penampilannya seringkali sangat kompleks dan rumit dalam komposisi dan detail mereka.

Umumnya, tempat ibadah di Iran dihiasi dengan warna-warna kaleidoskopik dan ornamen yang kaya pada dinding interior dan langit-langitnya. Nuansa tersebut membangun ruang dan suasana yang menghipnotis alam pikiran.

www.designboom.com Umumnya, tempat ibadah di Iran dihiasi dengan warna-warna kaleidoskopik dan ornamen yang kaya pada dinding interior dan langit-langitnya. Nuansa tersebut membangun ruang dan suasana yang menghipnotis alam pikiran.
Suasana itulah yang ditangkap oleh Mohammad Reza Domiri, seorang pelajar dari kawasan utara Iran. Domiri memotret struktur pada bangunan suci umat muslim itu dalam serangkaian foto panorama.

Domiri berharap bisa mengungkapkan kedalaman makna dari hamparan luas arsitektur tersebut. Kubah menjulang dicat biru cerah dan kuning dengan model desain bergelombang; menguraikan dekorasi bunga yang terbuat dari mosaik garis lantai dan dinding; cahaya dari kaca patri mengusung cerah warni bayangan ke dalam ruang. Kerumitan yang indah di mata Domiri.

www.designboom.com Umumnya, tempat ibadah di Iran dihiasi dengan warna-warna kaleidoskopik dan ornamen yang kaya pada dinding interior dan langit-langitnya. Nuansa tersebut membangun ruang dan suasana yang menghipnotis alam pikiran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X