Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Hasilkan 7,35 Juta Ton Limbah Konstruksi

Kompas.com - 04/08/2014, 06:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Pesatnya pasar properti di Dubai, Uni Emirat Arab, yang ditandai dengan pembangunan pencakar langit, menghasilkan jutaan ton limbah konstruksi.

Dewan Kota Dubai mencatat, kenaikan tahunan limbah konstruksi ini sebesar 11 persen dibanding 2013. Lonjakan sampah bangunan ini merupakan yang berbesar sejak 2007 silam.

Sekitar 7,35 juta ton limbah konstruksi dihasilkan tahun lalu oleh para pelaku industri properti di kota ini. Namun demikian, jutaan ton sampah ini dipandang sebagai indikasi meningkatnya investasi di sektor properti.

"Peningkatan ini menunjukkan perbaikan situasi ekonomi dan meningkatkan kepercayaan pasar di sektor properti selama periode tahun ini," kata Kepala Departemen Pengelolaan Sampah Kota Dubai, Naji Reda.

Limbah konstruksi menyumbang 72 persen dari total sampah yang dihasilkan kota ini selama tahun lalu. Ada pun ongkos pengelolaan limbah konstruksi pada tahun 2014 ini sekitar Rp 27,3 miliar.

Tonase limbah konstruksi yang dihasilkan di Dubai dan biaya membuangnya diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun mendatang, seiring pesatnya jumlah properti yang bakal dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com