Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisius.... Dubai Juga Bangun Kota yang Suhunya Bisa Dikontrol!

Kompas.com - 10/07/2014, 12:31 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Bukan cuma pusat belanja, tapi Uni Emirat Arab (UEA) memang berniat membangun Mall of the World sebagai batu loncatan memiliki kota baru yang menarik. Lewat proyek tersebut Dubai akan punya kota yang suhunya bisa dikontrol untuk segala musim.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum, telah mengumumkan kota tersebut menjadi kota pertama di dunia yang suhunya dapat dikendalikan. Seluas 48 juta kaki persegi, proyek berjudul Mall of the World itu akan berisi pusat perbelanjaan terbesar di planet ini dengan taman indoor megah berpenutup kubah. Kubah kaca itu bisa dibuka atau ditutup, terutama untuk menghadapi bulan-bulan musim dingin.

www.designboom.com Kota ini akan menjadi kota pejalan kaki yang terintegrasi sejauh tujuh kilometer dan desainnya saling terhubung untuk menyatukan berbagai atraksi wisata dan rekreasi, pusat ritel, serta hotel pilihan di bawah satu atap.
Fitur tambahan dari rencana besar itu meliputi pusat kebugaran, sebuah pusat perayaan kebudayaan, serta berbagai pilihan perhotelan yang mencakup 20.000 kamar hotel. Setelah selesai, proyek mal ini akan menyambut sekitar 180 juta pengunjung setiap tahun yang terdiri dari segala usia.

Bisa dibayangkan, kota ini akan menjadi kota pejalan kaki yang terintegrasi sejauh tujuh kilometer dan desainnya saling terhubung untuk menyatukan berbagai atraksi wisata dan rekreasi, pusat ritel, serta hotel pilihan di bawah satu atap. Sebuah pusat seni budaya membentuk ruang tersendiri dengan teater khususnya yang megah. Dari rancangannya, konsep pusat budaya tersebut meniru boulevard Las Ramblas di Barcelona dan terhubung dengan pusat belanja, ruang konferensi, aula pernikahan dan pesta besar.

www.designboom.com Dari rancangannya, konsep pusat budaya tersebut meniru boulevard Las Ramblas di Barcelona dan terhubung dengan pusat belanja, ruang konferensi, aula pernikahan dan pesta besar.
Sementara itu, komponen lain yang disiapkan di sini adalah sebuah pusat medis. Nantinya, desain mal ini juga akan memastikan akses terhadap kualitas kesehatan, prosedur bedah khusus dan perawatan kosmetik di pusat medis tersebut dan bersinergi dengan perhotelan kelas atas sebagai tempat menginapnya.

"Pertumbuhan pariwisata dan bisnis ritel mendasari kebutuhan untuk meningkatkan infrastruktur pariwisata Dubai secepat mungkin. Proyek ini melengkapi rencana kami untuk mengubah Dubai menjadi pusat budaya, wisata dan ekonomi untuk dua miliar orang yang hidup di wilayah sekitar kami dan kami bertekad untuk mencapai visi kami itu," ujar Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum.

www.designboom.com Fitur tambahan dari rencana besar itu meliputi pusat kebugaran, sebuah pusat perayaan kebudayaan, serta berbagai pilihan perhotelan yang mencakup 20.000 kamar hotel.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com