Cara Pas Bikin Rumah Sempit Jadi Luas

Kompas.com - 31/07/2014, 11:20 WIB
Ilustrasi. Nickey-KehoeIlustrasi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Tampilan rumah yang tidak pernah diubah selama bertahun-tahun bisa membuat penghuninya bosan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut, salah satunya dengan mengubah tampilan interior rumah.

Bagi Anda yang tinggal di dalam hunian berukuran terbatas, bisa mengubah tampilan interior dengan membuatnya terasa lebih luas. 

 
Berikut ini beberapa cara sederhana membuat interior rumah terasa lebih luas. Tips ini diambil dari Apartment Therapy.
 
Pertama, gunakan warna-warna monokromatik. Skema warna semacam ini terasa lebih "damai" ketimbang ruangan dengan warna-warni mencolok. Selain itu, mata pun bisa bergerak dengan mudah tanpa diinterupsi oleh berbagai warna. Gunakan warna hanya untuk menambah "kedalaman" dan daya tarik dalam ruang.
 
Kedua, gunakan kaca sebagai penyekat. Penggunaan kaca sebagai penyekat umumnya dilakukan di kamar mandi. Dengan kaca, kamar mandi bisa terasa lebih luas tanpa adanya penghalang visual. Sebenarnya, Anda bisa melakukan hal serupa di ruangan lain. Sebagai contoh, gunakan kaca tembus pandang untuk menghias pintu pembatas dapur. Anda juga bisa menggunakan kaca hias sebagai penyekat antara ruang keluarga dan ruang-ruang lain.
 
Ketiga, gunakan cermin untuk membuat interior rumah terasa lebih luas. Cermin bisa memantulkan sinar matahari hingga membuat ruang terasa lebih terang dan lebih "terbuka". Cermin juga bisa membuat ruangan terasa lebih luas. Pastikan Anda menempatkan cermin di posisi strategis.
 
Keempat, gunakan furnitur yang tepat. Hindari furnitur yang terkesan berat, solid, dan sofa-sofa besar. Alih-alih, gunakan kursi-kursi dengan kaki ramping, atau terbuat dari material bening. Dengan cara ini, ruangan tidak tampak penuh.
 
Kelima, hindari penggunaan penutup lantai yang berbeda untuk tiap ruangan. Menyamakan lantai untuk seluruh ruangan membuat ruangan terasa luas. Hindari juga penggunaan karpet berpola yang bisa membuat ruangan terasa sempit.
 
Keenam, buat lampu lebih rendah. Sebagai contoh, sediakan pencahayaan tambahan untuk meja kerja yang ketinggiannya setara dengan mata Anda. Pastikan juga lampu gantung tidak terlalu tinggi.
 
Selanjutnya, naikkan gorden dan buat lebih lebar dari jendela. Hal ini membuat jendela tampak lebih besar dari sebenarnya. Jika ada dua atau tiga jendela yang berjejer, Anda bisa menyatukan gorden untuk seluruh jendela. Menggantung beberapa gorden seolah membagi ruang dan membuatnya lebih penuh.
 
Terakhir, gunakan cat dinding dengan warna yang sama dengan lantai. Cat dinding yang berwarna sama dengan lantai membuat perbatasan antara keduanya tidak terlalu tampak. Membuat dinding tampak lebih tinggi juga bisa Anda lakukan dengan menyamakan warna dinding dengan warna plafon.
 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X