Terimalah dan Hadapilah... Tak Ada Pembantu, Cucian Menunggu!

Kompas.com - 26/07/2014, 12:27 WIB
Tunggu sampai cucian sudah banyak. Beberapa mesin cuci hemat energi memiliki pengaturan khusus yang akan mengurangi penggunaan air untuk sedikit cucian. www.shutterstock.comTunggu sampai cucian sudah banyak. Beberapa mesin cuci hemat energi memiliki pengaturan khusus yang akan mengurangi penggunaan air untuk sedikit cucian.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Mencuci baju adalah salah satu kegiatan "wajib" yang harus dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Jika biasanya pekerjaan ini lebih sering ditangani oleh pembantu rumah tangga, mencuci pakaian benar-benar menjadi menu wajib ketika para pengasuh itu pulang kampung atau mudik di hari raya seperti saat ini. Sudah siap? 

Setiap ibu rumah tangga yang mengerjakan sendiri pekerjaan rumahnya harus menyadari, bahwa pekerjaan ini cukup banyak menghabiskan air. Belum mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk deterjen dan listrik. Nah, berikut ini beberapa tips bagi para ibu agar dapat mencuci lebih efisien dan hemat di rumah selama pembantu mereka mudik ke kampung halaman: 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.houzz.com Cobalah menggunakan deterjen dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan semacam ini tidak beracun dan dapat terbiodegradasi. Detergen semacam ini memiliki kecil kemungkinan akan menyumbat saluran Anda.
Tunggu banyak

Pertama, tunggu sampai cucian sudah banyak. Beberapa mesin cuci hemat energi memiliki pengaturan khusus yang akan mengurangi penggunaan air untuk sedikit cucian. Namun, mesin cuci lama belum memiliki teknologi ini. Lebih baik, Anda hanya mencuci ketika cucian berada dalam kapasitas maksimal mesin cuci.

Hemat baju

Cara lain adalah mengurangi cucian Anda. Hematlah penggunaan baju. Dengan hanya mengurangi sebuah keranjang cucian setiap minggunya, Anda akan mengurangi penggunaan energi cukup banyak dalam setahun.

Bahan alami

Kedua, cobalah menggunakan deterjen dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan semacam ini tidak beracun dan dapat terbiodegradasi. Detergen semacam ini memiliki kecil kemungkinan akan menyumbat saluran Anda. Selain itu, zat pembersih ini juga lebih sehat bagi seluruh keluarga.

www.houzz.com Terakhir, pastikan ruang mencuci Anda dalam keadaan rapi. Manfaatkanlah rak untuk menaruh produk pembersih, detergen, dan sabun-sabun yang Anda butuhkan.
Air dingin

Ketiga, mencucilah dengan air keran. Hindari penggunaan penghangat air ketika mencuci. Air dingin tersebut dapat bekerja sama baiknya dengan air hangat dalam mencuci baju Anda. Bahkan, air dingin tersebut juga dapat menghemat energi, dan mengurangi kerusakan baju. Gunakan air hangat hanya dalam kebutuhan mendesak. Misalnya, jika ada anggota keluarga Anda yang terserang penyakit kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.