Hotel Treetop, Inilah Konsep Hotel Unik dari Bambu!

Kompas.com - 19/07/2014, 13:47 WIB
Gagasan berjudul www.designboom.comGagasan berjudul "One with the Birds" ini menggunakan bambu yang terhubung bersama-sama dengan tali, membentuk konfigurasi yang menghasilkan kerangka segitiga dengan fungsi berbeda-beda, termasuk kamar tidur, lobi, restoran, dan kamar mandi.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Konsep ekologis dari hotel ini terinspirasi dari rumah penduduk asli Amerika atau Suku Indian. Perusahaan arsitektur asal China, Penda, mengatakan bahwa desain yang fleksibel ini dapat disesuaikan dengan lingkungan yang berbeda dan menciptakan suasana nyaman di lingkungan unik.

Gagasan Penda berjudul "One with the Birds" itu merupakan proposal yang ditujukan untuk mengikuti kompetisi AIM: Legend of Tent. Menggunakan bambu yang terhubung bersama-sama dengan tali, membentuk konfigurasi yang menghasilkan kerangka segitiga dengan fungsi berbeda-beda, termasuk kamar tidur, lobi, restoran, dan kamar mandi. 

www.designboom.com Konsep ekologis dari hotel ini terinspirasi dari rumah penduduk asli Amerika atau Suku Indian.
Bambu-bambu itu dibuat saling meringkuk, makin ke atas membentuk segitiga yang mirip dengan tenda Suku Indian. Di dalamnya, ruang tidur dapat dibuat dengan ukuran berbeda-beda, misalnya ruang tidur besar untuk keluarga. Sementara itu, Penda juga merancang ruang yang terhubung dengan ruang lain dengan fungsi-fungsi lebih besar, seperti lobi hotel atau restoran, serta kamar mandi atau toilet.

www.designboom.com Sifat sementara dari struktur bambu ini juga berarti dapat dibuang seandainya tak lagi diperlukan tanpa meninggalkan dampak pada lingkungan sekitar.
Dibuat setinggi 4 meter dari tanah, Penda mengatakan, sifat sementara dari struktur bambu ini juga berarti dapat dibuang seandainya tak lagi diperlukan tanpa meninggalkan dampak pada lingkungan sekitar. 

"Struktur ini terinspirasi oleh penduduk asli Amerika, yang tidak memberikan kerugian apapun pada lingkungan, karena semua sendi terhubung dengan tali sehingga mudah dibangun dan dibawa. Sebuah sistem yang benar-benar fleksibel," tulis arsitek Penda.

"Kami melihat struktur tidak hanya sebagai unsur yang mendiami fungsi khas sebuah hotel dan terhubung dengan alam, kami juga melihatnya sebagai sebuah elemen, di mana alam dapat diimplementasikan," tambahnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X