Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah-rumah yang Bisa Dibeli dengan Uang 1 Juta Dollar AS

Kompas.com - 17/07/2014, 15:13 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang Anda lakukan dengan uang 1 juta dollar AS atau setara Rp 11,7 miliar di tangan? Membeli mobil mewah seri terbaru, apartemen di pusat kota atau rumah dengan halaman luas?

Uang sebanyak itu ternyata tidak bisa digunakan untuk membeli barang yang sama dengan kualitas setara. Contohnya rumah tinggal, dengan 1 juta dollar AS, Anda hanya bisa mendapatkan apartemen tipe studio dengan satu kamar tidur di kota New York, AS.

Sementara di Buenos Aires, Argentina, Anda malah bisa membeli rumah 4 kamar tidur di lingkungan mewah. Bagaimana dengan di kota-kota lain di seluruh dunia, apa yang bisa Anda beli dengan uang Rp 11,7 miliar tersebut?

Di Cape Town, Afrika Selatan, dengan jumlah uang serupa, Anda bisa belanja hunian seluas 3.048 meter persegi yang berisi 5 kamar tidur. Plus bar dan teater pribadi sebagai pelengkapnya. 

Berbeda halnya dengan di Dubai, Anda bisa menikmati tinggal di apartemen dua kamar tidur plus pemandangan laut yang memesona. Demikian halnya di Sydney, uang 1 juta dollar AS bisa dihabiskan untuk membeli apartemen di Royal Botanic Gardens. 

Sedangkan di London, hunian  3 kamar tidur, 3 kamar mandi dengan pelengkap teras melayang (balkon) sudah bisa Anda masukkan ke dalam listing pribadi.

Bagaimana dengan di Bangkok? Rumah berisi 5 kamar tidur, 6 kamar mandi dengan ruang keluarga yang besar plus kolam renang dan halaman yang luas bisa Anda jadikan sebagai peristirahatan dan aset yang berharga.

Akan tetapi, jangan pernah Anda coba-coba ke Monaco. Dengan bekal 1 juta dollar AS, Anda hanya akan mendapat properti seluas 15 meter persegi. Ini artinya, harga propertinya mencapai Rp 750 juta per meter persegi. Dengan demikian, Monaco merupakan kota dengan nilai properti termahal di dunia.

Sementara Jakarta, harga rerata properti mewahnya masih berada pada level rerata Rp 70 juta per meter persegi dengan harga tertinggi sekitar Rp 138,8 juta per meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com