Inilah Karya Arsitektur Ikonik Peraih "Stirling Prize 2014"!

Kompas.com - 17/07/2014, 13:57 WIB
The Shard, karya Renzo Piano Building Workshop. The Shard termasuk dalam deretan enam gedung yang dinominasikan sebagai penerima Stirling Prize dari Royal Institute of British Architects (RIBA). Selain The Shard, Olympic Aquatics Centre karya Zaha Hadid dan perpustakaan publik terbesar di Eropa karya Mecanoo pun masuk dalam daftar tersebut. Nick GuttridgeThe Shard, karya Renzo Piano Building Workshop. The Shard termasuk dalam deretan enam gedung yang dinominasikan sebagai penerima Stirling Prize dari Royal Institute of British Architects (RIBA). Selain The Shard, Olympic Aquatics Centre karya Zaha Hadid dan perpustakaan publik terbesar di Eropa karya Mecanoo pun masuk dalam daftar tersebut.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Royal Institute of British Architects (RIBA) akan kembali menganugerahi Stirling Prize pada karya-karya arsitektur ikonik di Inggris. Tahun ini, RIBA sudah merilis daftar pendek nominasi penerima penghargaan tersebut.

Tidak hanya sekadar ikonik dan megah, deretan karya-karya arsitektur yang berhasil masuk dalam nominasi rupanya juga dianggap meninggalkan kesan mendalam. Seperti dikutip dalam Dezeen, Presiden RIBA Stephen Hodder sudah menyatakan bahwa daftar pendek tahun ini menunjukkan arsitektur publik pun bisa tampil dengan puitis.

"Daftar pendek berisi kolam renang yang tidak biasa, blok perkantoran, teater, perpustakaan atau univesitas. Semuanya indah, menginspirasi, dan bangunan baru transformatif yang dibanggakan oleh komunitasnya," ujar Stephen.

Menurut Stephen, daftar pendek ini juga mengirimkan pesan bahwa bangunan luar biasa tidak hanya membutuhkan arsitek hebat dan kliennya. Karya arsitektur yang luar biasa juga membutuhkan pengawasan dari komunitas pengguna fasilitas tersebut. Tujuannya agar bangunan tidak menjadi "menara gading", namun benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat sekitar.

"Bangunan-bangunan ini dibangun dengan luar biasa. Semakin Anda melihat detilnya dari dekat, baik bagian dalam dan luarnya, serta materialnya, Anda akan semakin terpukau dibuatnya," imbuh Stephen.

Pemenang penghargaan akan diumumkan 16 Oktober mendatang dalam upacara khusus di kantor pusat RIBA di London, Inggris. Keenam nominasi yang memiliki kesempatan membawa pulang Stirling Prize dari RIBA itu adalah:

Everyman Theatre, Liverpool karya Haworth Tompkins

- Library of Birmingham karya Mecanoo

- London Aquatics Centre karya Zaha Hadid Architects

- The Shard karya Renzo Piano Building Workshop

- London School of Economics - Saw Swee Hock Student Centre karya O'Donnell + Tuomey Architects

- Manchester School of Art karya Feilden Clegg Bradley Studios.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X