Kompas.com - 05/07/2014, 16:19 WIB
Dapur dan perpustakaan dibangun secara spasial yang dihubungkan oleh sebuah lubang kecil antara dua lantai. Ini memungkinkan untuk terjadinya pertukaran cahaya, udara, dan sebagainya. www.designboom.comDapur dan perpustakaan dibangun secara spasial yang dihubungkan oleh sebuah lubang kecil antara dua lantai. Ini memungkinkan untuk terjadinya pertukaran cahaya, udara, dan sebagainya.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Di tengah keterbatasan lahan, orang di Korea pun semakin bernegosiasi dengan rumah berukuran mungil. Seperti di kawasan Jongro, Seoul, para arsitek AnLstudio telah menyusun desain kompak 'Rumah Mondang' atau jika diterjemahkan artinya "sesak dan bermimpi".

Struktur rumah mungil tersebut terdiri dari tiga tingkat dan atap dek yang dibatasi oleh lebar 5,5 meter dan panjang 6 meter. Dapur dan perpustakaan dibangun secara spasial yang dihubungkan oleh sebuah lubang kecil antara dua lantai. Ini memungkinkan untuk terjadinya pertukaran cahaya, udara, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Dapur dan perpustakaan dibangun secara spasial yang dihubungkan oleh sebuah lubang kecil antara dua lantai. Ini memungkinkan untuk terjadinya pertukaran cahaya, udara, dan sebagainya.
Dalam rangka memaksimalkan luas raungan, atap rumah mungil ini dapat diakses dan sekaligus berfungsi sebagai teras outdoor. Hal ini sangat memberikan pemandangan ke lingkungan sekitar kota.

Selain itu, kediaman ini juga berisi jendela yang dibuat tidak teratur dan langit-langit yang menonjol. Bentuk tidak teratur dari volume bangunan keseluruhan ini mengingatkan pegunungan berbatu di luar kota. Terakhir, sebagai penghubung, AnLstudio menghadirkan tangga spiral untuk sirkulasi vertikal ke ruangan atas.

www.designboom.com Struktur rumah mungil tersebut terdiri dari tiga tingkat dan atap dek yang dibatasi oleh lebar 5,5 meter dan panjang 6 meter. Dapur dan perpustakaan dibangun secara spasial yang dihubungkan oleh sebuah lubang kecil antara dua lantai.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.