Kompas.com - 04/07/2014, 14:48 WIB
Menata apartemen berukuran kecil butuh kejelian pemilik rumah. Pasalnya, meski memiliki hunian dengan ukuran terbatas, Anda harus bisa merasa nyaman di dalamnya. Dalam ilustrasi ini tampak apartemen di New York, Amerika Serikat hasil desain Daniella Armstrong. Sama seperti apartemen lainnya di NYC, apartemen ini juga berukuran kecil. Namun, sang desainer berhasil membuatnya terasa lega. Kelly Stuart / House BeautifulMenata apartemen berukuran kecil butuh kejelian pemilik rumah. Pasalnya, meski memiliki hunian dengan ukuran terbatas, Anda harus bisa merasa nyaman di dalamnya. Dalam ilustrasi ini tampak apartemen di New York, Amerika Serikat hasil desain Daniella Armstrong. Sama seperti apartemen lainnya di NYC, apartemen ini juga berukuran kecil. Namun, sang desainer berhasil membuatnya terasa lega.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Luas apartemen yang terbatas tidak serta-merta mendikte pemiliknya agar memilih furnitur berukuran kecil. Beberapa situs desain internasional menekankan, bahwa kenyamanan pemilik apartemen jauh lebih penting daripada ukuran furnitur.

Hal serupa juga disampaikan oleh kontributor HGTV, Anne Krueger. Menurut dia, hanya karena apartemen berukuran kecil, bukan berarti barang-barang di dalamnya harus sama kecil.

Anda pemilik apartemen mungil bisa mencoba untuk memilih furnitur dengan desain yang tidak kaku. Apartemen berukuran kecil biasanya berbentuk seperti kotak, kaku, dan membosankan. Memasukkan furnitur dengan desain melengkung akan membuat interior apartemen Anda lebih menarik.

Konsultan ruang berukuran kecil HCTV, Libby Langdon, menyarankan Anda untuk memilih meja-meja bundar, kursi melengkung, dan karpet bercorak lingkaran atau pegas. Dalam sumber yang sama, Landon menyatakan bahwa trik ini seringkali digunakan dalam acara Small Space, Big Style. Hal ini tidak mengherankan karena interior memang tampak lebih menarik.

www.houzz.com Apartemen berukuran kecil biasanya berbentuk seperti kotak, kaku, dan membosankan. Memasukkan furnitur dengan desain melengkung akan membuat interior apartemen Anda lebih menarik.

Selanjutnya, hias interior apartemen Anda dengan karpet. Karpet memiliki banyak fungsi. Jika diletakkan dalam ruangan berkonsep terbuka (open space), karpet bisa menjadi pembagi ruangan yang efektif. Sementara iyu, karpet berwarna cerah pun bisa membuat ruangan bernuansa lebih terang.

"Karpet yang terang bisa membuka ruang Anda dan membuatnya terasa lebih besar," ujar Langdon.

Kenyamanan tidak hanya datang dari furnitur dan karpet yang hangat di sela-sela jemari kaki Anda. Rasa nyaman juga bisa timbul jika tampilan apartemen tampak utuh. Karena itu, segera singkirkan gorden standar dengan gorden panjang yang tampak ringan, dan mudah tertiup angin. Pastikan gorden ini digantung tinggi. Hal ini memberikan kesan plafon apartemen Anda lebih tinggi dari sebenarnya.

Jangan takut juga menyediakan lapisan-lapisan di dalam rumah Anda. Sebagai contoh, hias tempat tidur dengan seprai, selimut, bed cover, dan tumpukan bantal. Semakin banyak bahan yang tampak empuk, semakin ruangan Anda tampak penuh udara (airy) dan mewah.

www.houzz.com Apartemen berukuran kecil biasanya berbentuk seperti kotak, kaku, dan membosankan. Memasukkan furnitur dengan desain melengkung akan membuat interior apartemen Anda lebih menarik.

Namun, bila furnitur berukuran kecil terasa tidak nyaman bagi Anda, cobalah memilih furnitur tembus pandang. Anda bisa menggunakan satu set meja dan kursi makan tembus pandang yang membuat ruang makan Anda terasa lebih luas, lebih lega.

Cobalah menggunakan furnitur yang memiliki beberapa kegunaan. Anda juga bisa menggunakan furnitur yang bisa "disembunyikan" agar ruangan terasa lebih luas ketika perabot tersebut sedang tidak digunakan.

Selain furnitur, perhatikan juga ruang untuk menyimpan barang-barang keperluan Anda. Manfaatkan dinding, ceruk, dan bagian lain yang "terbuang" di apartemen Anda sebagai ruang penyimpanan.

Terakhir, pastikan interior apartemen Anda penuh cahaya. Maksimalkan sinar matahari, tunjang dengan lampu artifisial, dan pilih warna-warna terang untuk mengisi apartemen Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber HGTV
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.