Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Modern, Makin Tak Perlu Sofa yang Rumit....

Kompas.com - 04/07/2014, 13:47 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Sofa tidak hanya penting bagi ruang tamu. Sofa juga merupakan salah satu furnitur penting di dalam rumah.

Namun demikian, harga sofa berkualitas baik cenderung mahal. Meski bisa digunakan pemilik rumah selama bertahun-tahun, investasi awalnya terasa cukup besar. Karena itu, sebagai pemilik rumah, Anda harus mempertimbangkan betul-betul ketika ingin membeli sofa.

Untuk membantu Anda, pendiri produsen furnitur, Mitchell Gold, dari Mitchell Gold + Bob Williams memberikan beberapa saran dalam membeli furnitur. Pertama, mulailah menentukan pilihan desain sofa yang ingin digunakan di rumah.

Gold tahu persis, saat ini masyarakat menginginkan sofa yang tidak rumit dan bisa digunakan untuk bersantai setelah seharian bekerja atau bermacet-macetan di jalan. Menurutnya, sofa yang terinspirasi dari gaya Midcentury cocok bagi masyarakat pada umumnya di era ini. Sofa-sofa itu punya sudut runcing, berlengan lurus, dan tidak menggunakan skirt atau penutup bagian kolong sofa sehingga bisa menjadi pertimbangan.

"Orang-orang mencari hidup yang tidak rumit. Itulah desain modern," ujarnya.

Langkah selanjutnya, pertimbangkan "konstruksi" sofa. Hindari menilai sofa hanya berdasarkan tampilannya semata.

Proses pembuatan sofa akan menentukan kenyamanannya dan kekuatan sofa tersebut. Karena itu, Gold menyarankan Anda untuk membeli sofa berpegas "S" dan dilapisi teflon untuk menghindari bunyi derit.

Sebenarnya, sofa dengan bantalan empuk memang nyaman. Gold pun tidak mengingkari hal ini. Sayangnya, dia juga mengingatkan Anda bahwa sofa berbantalan empuk perlu ditepuk-tepuk secara berkala. Pilihlah busa yang kuat, dibungkus bantalan, kemudian dilapisi dengan ticking.

"Ticking menangkap udara ketika Anda duduk, jadi Anda bisa tenggelam dengan mudah ke dalam sofa," imbuhnya.

Terakhir, Gold menyarankan Anda mengetahui dengan persis material pembuat sofa yang Anda pilih. Kemudian "kawinkan" pengetahuan tersebut dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tinggal dengan anak kecil, bahan-bahan berserat mikro, kulit, dan bahan rajutan aneka warna cocok untuk Anda. Sementara itu, sofa berbagan mewah sebaiknya Anda hindari.

"Jika Anda ingin sesuatu yang lebih lembut dan lebih mewah, maka beludru (pilihan) tepat," ujarnya. Namun, Gold juga menyarankan Anda menggunakan pelapis sofa. Pelapis sofa, atau slipcover, sangat mudah dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com