Kompas.com - 27/06/2014, 14:34 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Korban bencana alam bisa kehilangan rumah dan harta bendanya hanya dalam semalam. Namun, kehilangan harta benda bukan berarti kehilangan hak untuk hidup layak. Karena itu, perusahaan arsitektur asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Garrison Architects membuat hunian bongkar-pasang (modular) bagi para korban bencana alam, khususnya bencana Badai Katrina dan Badai Sandy.

Prototipe berukuran penuh itu dikembangkan khusus oleh Garrison Architects untuk New York City Office of Emergency Management. Hunian-hunian vertikal tersebut bisa dibangun hanya dalam 15 jam di lokasi mana pun. Karena itulah, hunian ini ideal digunakan pascabencana. Para korban tak perlu meninggalkan komunitas mereka, meski hunian mereka rusak parah.

Principal Garrison Architects, James Garrison, percaya bahwa desain yang digagas firmanya bisa juga digunakan di seluruh bagian Amerika Serikat. Kawasan itu terutama daerah yang paling parah menderita kerusakan akibat bencana alam maupun bencana akibat kelalaian manusia.

"Modul-modul ini tidak hanya untuk Kota New York, mereka memang didesain sesuai dengan kebutuhan zona di Amerika Serikan. Artinya, mereka bisa digunakan di hampir semua sudut negara," ujar Garrison, seperti dikutip dalam Dezeen.

Garrison tidak bekerja sendirian. Perusahaan arsitekturnya juga bekerja sama dengan kontraktor American Manufactured Structure and Services.

Mark Line Industries juga berperan mencetak bagian-bagian hunian ini. Selama satu hingga dua tahun mendatang, hasil karya keduanya ini akan ditempati oleh tamu-tamu berbeda setiap lima hari sekali. Para tamu ini bisa mengetes fungsi dan mungkin juga memberikan masukan untuk meningkatkan mutu bangunan.

"Sekarang waktunya menginvestigasi detil rumit dari hidup di unit ini purnawaktu," imbuhnya.

Para tamu bisa menikmati hunian berpenampilan minimalis, namun padat fungsi. Di dalamnya terdapat ruang keluarga, dapur, kamar mandi, dan ruang penyimpanan. Setiap unit juga dilengkapi dengan insulasi tebal. Kemungkinan, panel surya pun akan melengkapi setap unit.

"Keindahan unit-unit ini pada fleksibilitasnya. Mereka bisa ditumpuk seperti lego untuk membuat hunian deret, atau mereka juga bisa diselang-seling antara rumah dan struktur yang ada," kata Garrison.

Tidak hanya berbentuk menarik, hunian-hunian ini pun bisa dibangun dengan cepat. Hanya dalam waktu 15 jam selesai, dan itu sudah termasuk transportasi modul ke situs bencana, menurunkannya dari truk, dan membangun struktur tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.