Keren... Menyulap Iklan Billboard Menjadi Rumah untuk Tunawisma!

Kompas.com - 25/06/2014, 14:25 WIB
Proyek ini memanfaatkan sudut-sudut kota yang dilanda iklan billboard yang mahal-mahal itu. Penggagas proyek tersebut kemudian mengirim proposal untuk meningkatkan fungsi dari struktur billboard dengan cara mengubah bagian dalam menjadi ruang hidup. www.designboom.comProyek ini memanfaatkan sudut-sudut kota yang dilanda iklan billboard yang mahal-mahal itu. Penggagas proyek tersebut kemudian mengirim proposal untuk meningkatkan fungsi dari struktur billboard dengan cara mengubah bagian dalam menjadi ruang hidup.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Fenomena tunawisma di seluruh telah menjadi kekhawatiran hingga selama beberapa dekade. Mencari solusi untuk masalah ini menjadi tugas kompleks yang melibatkan koordinasi keterampilan dalam bidang sosio-psikologis dan administrasi.

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah 'Proyek Gregory'. Dirancang oleh Designdevelop, prioritas utama proyek ini adalah untuk mencari alternatif optimal untuk kebutuhan orang tanpa rumah melalui penggunaan billboard dan ruang-ruang iklan mereka.

www.designboom.com Rumah billboard tersebut akan menghasilkan biaya perawatan minimal, yang bisa dibayar melalui ruang sewa fasadnya. Di samping itu, para arsitek percaya, mereka masih bisa berhemat kendati mengambil biaya listrik yang dibutuhkan untuk billboard agar tetap menyala pada malam hari.
Proyek ini memanfaatkan sudut-sudut kota yang dilanda iklan billboard yang mahal-mahal itu. Penggagas proyek tersebut kemudian mengirim proposal untuk meningkatkan fungsi dari struktur billboard dengan cara mengubah bagian dalam menjadi ruang hidup.

Rumah billboard tersebut akan menghasilkan biaya perawatan minimal, yang bisa dibayar melalui ruang sewa fasadnya. Di samping itu, para arsitek percaya, mereka masih bisa berhemat kendati mengambil biaya listrik yang dibutuhkan untuk billboard agar tetap menyala pada malam hari. 

"Kami mencoba untuk mengoptimalkan pemakaiannya. Kita menemukan bahwa energi cahaya ini disimpan sepenuhnya dan bisa menutupi semua kebutuhan penggunaan interior," tulis arsitek. Designdevelop.

www.designboom.com Designdevelop membentuk konsep segitiga dari bentuk billboard itu dan membaginya menjadi dua ruangan. Ruangan pertama terdiri dari pintu masuk, dapur, meja kantor, tangga, serta tempat tidur. Sementara itu, bagian kamar tidur di bawah itu adalah ruang penyimpanan.
Penelitian tersebut didasarkan pada temuan para arsitek itu di Republik Slovakia, terutama di kota Banska Bystrica. Di kota ini sangat mudah menerapkan konsep "rumah billboard" tersebut karena energi dan air jaringan yang ada begitu melimpah.

Namun, proyek perumahan ini mungkin bisa diterapkan di mana saja. Hanya, pelaksanaannya harus didahului dengan penelitian untuk mencari tempat yang memadai bangunan ini kelak didirikan.

Selain itu, harus dipikirkan matang-matang soal partner kerja, yaitu perusahaan dan investor yang akan berpartisipasi dalam realisasi atau sewa jangka panjang dari ruang-ruang iklan tersebut. Perusahaan-perusahaan itu akan diberikan logo resmi dan mereka bisa menempatkan di situs web perusahaan mereka sendiri atau bahan promosi lain dengan link langsung ke website proyek rumah billboard ini. Nilai tambahnya terletak pada pilihan untuk menyajikan satu perusahaan terhadap perusahaan sejenis sebagai tempat kesadaran sosial melalui program corporate social responsibility (CSR).

www.designboom.com Designdevelop membentuk konsep segitiga dari bentuk billboard itu dan membaginya menjadi dua ruangan. Ruangan pertama terdiri dari pintu masuk, dapur, meja kantor, tangga, serta tempat tidur. Sementara itu, bagian kamar tidur di bawah itu adalah ruang penyimpanan.
Adapun dalam proposalnya Designdevelop membentuk konsep segitiga dari bentuk billboard itu dan membaginya menjadi dua ruangan. Ruangan pertama terdiri dari pintu masuk, dapur, meja kantor, tangga, serta tempat tidur. Sementara itu, bagian kamar tidur di bawah itu adalah ruang penyimpanan.

Komponen kedua adalah kamar mandi dengan wastafel yang terletak di lemari, toilet dan sudut ruangan. Konstruksi bangunan ini diselesaikan dengan balok kayu, dasar beton, papan untai berorientasi, kayu atau baja tangga dan dua jendela.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X