Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lusicon", Benar-benar Produk Ramah untuk Rumah Murah!

Kompas.com - 14/06/2014, 14:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pertumbuhan sektor industri properti dan konstruksi di Indonesia yang sangat pesat seharusnya dapat membuka peluang pemanfaatan beragam inovasi baru. Inovasi itu diantaranya material beton berbasis semen dengan tambahan fly ash (abu terbang) dan lumpur sidoarjo conbloc (lusicon) yang sampai saat ini terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga produk beton yang dihasilkan bisa siap digunakan masyarakat.

Product Application Development Executive PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., Rahmat Jatmikanto, mengatakan bahwa hasil riset dan pengembangan produk beton berbasis semen yang dilakukan bersama timnya itu bisa membantu Kementerian Perumahan Rakyat dan BUMN penyedia rumah rakyat sekaligus mengatasi ketimpangan kebutuhan dan pasokan hunian.

Penggunaan material ini dinilai sangat efisien dan ramah lingkungan. Efisien dalam arti murah harganya, cepat pengerjaannya, mudah aplikasinya dan minim limbah konstruksi. Material yang masih dalam proses penyempurnaan ini adalah kusen beton, dan rangka atap beton ringan.

"Setelah produk sempurna dan dapat  diaplikasikan secara umum, kami akan mengajak Kementerian Perumahan Rakyat dan BUMN terkait untuk membangun rumah berkualitas, terjangkau harganya, cepat pengerjaannya dan ramah lingkungan," tandas Rahmat.

Adapun prototipe rumah rintisan yang baru dikembangkan berada di Tuban, Jawa Timur. Rumah ini bermaterikan lusicon kusen beton dan rangka atap beton ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com