Kompas.com - 20/06/2014, 14:31 WIB
Kursi dengan nama The Body ini bisa menopang tubuh penggunanya. DezeenKursi dengan nama The Body ini bisa menopang tubuh penggunanya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Desainer asal Finlandia, Kirsi Enkovaara, membuat kursi dengan desain yang sangat istimewa. Struktur fleksibel kursi ini mampu menopang penggunanya dalam berbagai bentuk yang mereka inginkan. Penggunanya bisa memastikan posisi ideal untuk menyangga punggung mereka.

Kursi tak biasa ini disebut dengan nama "The Body". Enkovaara membuat "The Body" sebagai proyek kelulusannya di Royal College of Arts, London, Inggris. Sekilas, kursi ini tampak seperti matras tipis sepanjang enam meter.

Dezeen Kursi fleksibel ini didesain oleh desainer asal Finlandia, Kirsi Enkovaara. Kursi tersebut bisa digulung dan dilipat untuk menopang tubuh penggunanya. Kursi ini disebut dengan nama The Body.
Tidak sekadar membuat produk yang tampak unik, Enkovaara juga mendorong penggunanya mengevaluasi cara mereka duduk.

"Sejak awal kita belajar cara yang tepat untuk duduk berdasarkan kebudayaan kita dan kita pun memiliki tempat-tempat duduk untuk menunjang cara tersebut. Namun, seringkali kita bisa duduk dalam posisi janggal dalam kursi standar," ujar Enkovaara.

Menurut Enkovaara, kursi buatannya memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menentukan sendiri cara duduk yang nyaman baginya.

Enkovaara menggunakan beras untuk membuat kursi ini. Menurutnya, beras bisa memastikan kursi membentuk struktur dengan lekuk yang pas pada tubuh penggunanya.

"Beras di dalamnya memastikan agar ketika diduduki, strukturnya berbentuk pas dengan badan Anda dan bahkan dalam posisi yang sangat tidak konvensional sekalipun bisa tetap nyaman," terang Enkovaara.

Beras relatif mudah didapatkan. Itulah salah satu alasan sang desainer menggunakan bahan pokok ini untuk produknya. Sebelumnya dia sudah mencoba berbagai bahan, seperti bola-bola plastik. Namun tidak berhasil.

Mengenai bentuk kursinya, Enkovaara lebih tertarik pada bentuk-bentuk sederhana, meski kursi karyanya bisa membuat bentuk yang lebih rumit.

"Saya menemukan keindahan dalam produk ini ketika sesuatu yang sederhana bisa berubah menjadi berbagai konfigurasi rumit sebagai hasil dari interaksi dengan manusia," ujarnya.

Simak bagaimana "The Body" bisa diubah bentuknya sesuai keinginan sang pengguna dalam video berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dezeen

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.