Kompas.com - 17/06/2014, 07:23 WIB
Kamar tidur istimewa membutuhkan beberapa unsur penting. Perhatikan kamar tidur Anda, sudahkah memiliki unsur penting tersebut? Rachel WhitingKamar tidur istimewa membutuhkan beberapa unsur penting. Perhatikan kamar tidur Anda, sudahkah memiliki unsur penting tersebut?
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Kamar tidur adalah lokasi terbaik untuk beristirahat. Anda tentu punya konsep pribadi mengenai kamar tidur yang nyaman, mewah, dan personal. Namun, tepatkah konsep tersebut dan ideal untuk beristirahat?

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda penuhi dan sediakan di kamar tidur. Unsur-unsur ini membuat kamar tidur menjadi lokasi yang ideal untuk mengembalikan tenaga Anda setelah seharian beraktivitas.

Pertama, sediakan karpet yang nyaman agar lantai tidak dingin di malam dan pagi hari. Pastikan langkah pertama setiap hari begitu nyaman hingga Anda tidak keberatan memulai hari. Cobalah menempatkan karpet mungil di sisi tempat tidur dan karpet lebih besar di sisi lain kamar.

Kedua, siapkan tema. Jangan bayangkan tema kamar tidur seperti kamar tidur anak Anda. Orang dewasa pun bisa memiliki tema tersendiri di kamar mereka. Tema bisa Anda gunakan untuk menyatukan keseluruhan ruangan, juga membuat dekorasi terasa lebih nyaman dipandang. Desainer Timothy Whealon menggunakan tema garis-garis untuk keseluruhan kamar tidur di Southampton. Hasilnya sungguh istimewa. Garis-garis berbagai ukuran memenuhi kamar dengan tampilan berbeda.

Ketiga, pastikan jumlah bantal tambahan atau "throw pillow" di kamar, tepat. Terlalu banyak bantal tambahan membuat tidur terganggu. Anda membutuhkan waktu lebih untuk menyingkirkan bantal tersebut sebelum tidur. Anda pun butuh waktu lebih dari 10 menit untuk merapikan tempat tidur.

Keempat, sediakan tempat duduk. Anda bisa menggunakan tempat duduk ini untuk membaca buku atau berbincang dengan keluarga. Kursi juga membantu Anda menggunakan sepatu.

Kelima, singkirkan teknologi. Desainer Aurélien Gallet menyarankan Anda untuk menyingkirkan ponsel sebelum tidur. Menurutnya, tempat tidur dan kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat, bukan untuk melakukan panggilan bisnis. Bila perlu, singkirkan juga televisi. Televisi bisa membuat Anda sulit beristirahat.

Keenam, sediakan barang-barang keperluan di meja kecil sebelah tempat tidur. Air minum, buku bacaan, satu vas bunga segar, dan lampu tidur bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan juga Anda menyeimbangkan meja di kanan dan kiri tempat tidur.

Ketujuh, pastikan juga Anda menggunakan matras yang cocok dengan kebutuhan. Matras yang baik mampu menopang tulang punggung Anda dengan sempurna. Jangan ragu-ragu membeli matras berkualitas. Pasalnya, Anda akan menggunakan matras tersebut dalam waktu cukup lama. Bahkan, tidak mustahil menggunakannya selama 10 tahun atau lebih.

Jangan lupa juga sediakan barang-barang kesukaan yang membuat Anda bahagia. Sediakan juga karya-karya fotografi, namun bukan foto keluarga Anda. Letakkan foto keluarga di ruang-ruang lain dalam rumah, berikan ruang di kamar tidur Anda untuk karya fotografi istimewa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.