Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencakar Langit Mini, Bukan Sekadar Mainan Balok Kayu

Kompas.com - 09/06/2014, 17:27 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Anak-anak kini bisa turut menikmati karya ikonik arsitektur dari seluruh dunia dengan caranya sendiri. Perusahaan pembuat mainan asal Spanyol, Mitoi, baru saja meluncurkan dua koleksi mainan baru berbentuk bangunan ikonik. Mainan-mainan ini tampak memiliki warna-warni yang bisa menarik perhatian anak-anak.

Menurut sang kreator, sekaligus pendiri Mitoi Marc Castelló, mainan anak-anak yang ada saat ini sudah kekurangan makna. Mainan-mainan balok kayu hanya memiliki bentuk tanpa makna. Karena itu, Castelló ingin memadukan latar belakangnya sebagai pendesain mainan anak dan bayi dengan kecintaannya pada arsitektur.

Dezeen Perusahaan pembuat mainan asal Spanyol, Mitoi, meluncurkan dua koleksi mainan penuh warna yang mengikuti bentuk bangunan ikonik dunia.

"Saya lihat banyak konstruksi mainan untuk anak, namun tidak ada yang memiliki bentuk spesifik. Hanya blok kayu sederhana tanpa makna. Untuk alasan ini, saya ingin memberikan makna bagi mainan konstruksi. Sebuah bangunan nyata yang mencontoh bentuk bangunan di Barcelona atau arsitektur dunia," ujarnya.

Kedua koleksi Mitoi yang baru diluncurkan terdiri atas Miciti dan Miworld. Miciti berisi miniatur sederhana bangunan-bangunan di Barcelona, seperti Sagrada Familia karya Antoni Gaudí. Dalam koleksi ini juga terdapat W Hotel karya Ricardo Bofill dan Agbar Tower karya Jean Nouvel, sepasang gedung pencakar langit Mapfre Tower karya  Iñigo Ortiz dan Enrique Leon, serta Hotel Arts karya Bruce Graham.

Sementara, koleksi Miworld berisi Menara Eiffel di Paris, Big Ben di London, Empire State Building di New York, dan pagoda khas Asia.

"Saya telah menyederhanakan bentuknya untuk mengadaptasinya ke dunia mainan. Saya ingin anak-anak mempelajari relasi antara warna dan bentuk, serta mempelajari sesuatu mengenai lanskap urban dan bangunan yang dekat dengan mereka," tandas Castelló.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com