Kompas.com - 05/06/2014, 14:25 WIB
Kawasan Asia Pasifik ang mencakup juga destinasi Australia, Selandia Baru, Asia Utara, dan Asia Tenggara meraih persentase tertinggi, yakni 85,8 persen. www.shutterstock.comKawasan Asia Pasifik ang mencakup juga destinasi Australia, Selandia Baru, Asia Utara, dan Asia Tenggara meraih persentase tertinggi, yakni 85,8 persen.
|
EditorHilda B Alexander
SURABAYA, KOMPAS.com - Surabaya semakin mempertegas posisinya sebagai tujuan bisnis utama setelah Jakarta. Terbukti semakin banyak pemain hotel baik jaringan lokal maupun internasional membuka dan mengoperasikan hotel-hotel bisnis di ibu kota Jawa Timur ini. 

Terlebih, tingkat penghunian kamar (TPK) semua kelas hotel, baik ekonomi, menengah maupun kelas atas, menunjukkan tren positif di atas 60 persen. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fakta tersebut kemudian menstimulasi Accor Group untuk masuk kelas lebih tinggi setelah berhasil mengoperasikan tiga hotel ekonomi, dan dua hotel menengah dengan kinerja TPK rerata 80 persen. 

Menurut Vice President Sales, Marketing, Distributio, Accor Malaysia-Indonesia-Singapura, Adi Satria, secara umum, pasar Surabaya terus menunjukkan pertumbuhan positif. Indikasinya adalah kinerja TPK dan pendapatan dari ruang pertemuan serta food and beverage dengan kontribusi signifikan. 

"Kami berani masuk kelas hotel lebih tinggi yakni upsclae hotel dengan mengakuisisi hotel bintang lima di Jl Basuki Rahmat, Surabaya. Mengacu pada kinerja hotel ekonomi dan menengah, kami optimistis hotel kelas atas akan berkinerja positif," ujar Adi kepada Kompas.com, Kamis (5/6/2014).

Accor masuk pasar atas dengan mengakuisisi hotel Meritus City Center. Hotel ini kemudian ditransformasikan menjadi Pullman Hotel.

Dengan dikuisisinya hotel tersebut, Surabaya memiliki lima hotel kelas atas atau bintang lima yang seluruhnya terkonsentrasi di pusat kota. Kelima hotel tersebut adalah JW Marriott, Sheraton, Shangri-la, Majapahit, dan Pullman.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.