Kompas.com - 02/06/2014, 10:57 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
SERPONG, KOMPAS.com - PT Summarecon Agung Tbk., memastikan akan menggarap Samarinda, Kalimantan Timur, menyusul tuntasnya pembebasan lahan yang mereka lakukan tahun lalu.

Kepastian tersebut dikemukakan Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk., Johannes Mardjuki kepada Kompas.com, usai peresmian The Spring's Club Serpong, Sabtu (31/5/2014).

"Lahan sudah clear, aspek legal juga sudah terpenuhi. Kami tinggal menandatangani kerjasama dengan mitra lokal untuk memulai konstruksi proyek ini. Penandatanganan kerjasama mungkin akhir tahun ini," ujar Johannes.

Summarecon diketahui akan mengembangkan proyek skala besar yang direalisasikan dalam waktu dua hingga empat tahun ke depan. Sebagai langkah awal, melalui PT Sinar Mahakam Indah yang seratus persen sahamnya mereka miliki, telah mengakuisisi lahan seluas 328.021 meter persegi.

Pengembang dengan kapitalisasi pasar senilai Rp 17,8 triliun ini akan membangun sebuah township development yang terintegrasi dengan fasilitas komersial, bisnis dan hiburan. Laiknya portofolio eksisting yang telah mereka kembangkan seperti Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, dan Summarecon Bekasi.

“Pengembangan di Samarinda masih lama. Kami matangkan dulu desain dan rancangan induknya. Baru kemudian mulai membangunnya,” ujar Mardjuki.

Menurutnya pasar Samarinda cukup potensial. Kebutuhan rumah menengah atas terhitung tinggi. Sayangnya, kapasitas yang tersedia terbatas.

Klub Olahraga

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum menggarap pasar Samarinda, Summarecon terlebih dahulu fokus pada pengembangan proyek serupa di Bandung pada 2015, dan Bogor pada 2016.

Di Pulau Jawa sendiri mereka masih memiliki 1.200 hektar land bank yang terdistribusi di Serpong seluas 450 hektar dan merupakan terbesar, Bekasi, Kelapa Gading, Bandung, dan Bogor.

Lahan mereka yang berada di Serpong, telah dimanfaatkan untuk pengembangan The Spring's Club. Klub olahraga seluas 3,8 hektar ini, dibangun di kawasan hunian The Springs dengan nilai investasi Rp 100 miliar.

Fasilitas yang terdapat di klub olahraga antara lain kolam renang ukuran olimpiade, delapan lapangan badminton dalam ruang, lapangan futsal yang berfungsi sekaligus sebagai lapangan basket, dua lapangan tennis dalam ruang, lapangan squash, sauna, spa kolam air panas dan dingin dan lain sebagainya. 

Tak hanya membangun tempat olahraga, Summareon Agung juga membangun The Royal Ballroom (ruang pertemuan) berkapasitas 1.200 orang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X