Cerai Gaya Miliarder, Bayar Harta "Gono-gini" Senilai Rp 52 triliun!

Kompas.com - 20/05/2014, 15:59 WIB
Maison de l'Amitie di Palm Beach, Florida, Amerika Serikat yang semula milik Donald Trump. APMaison de l'Amitie di Palm Beach, Florida, Amerika Serikat yang semula milik Donald Trump.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com — Pemilik klub sepak bola AS Monaco, Dmitry Rybolovlev (47), harus menelan pil pahit tahun ini. Pasalnya, para hakim di Swiss mengharuskan sang miliarder memberikan mantan istri yang telah mendampinginya selama 24 tahun, Elena Rybolovleva, harta " gono-gini" senilai 4.020.555.987 franc Swiss dan 20 centimes atau lebih dari Rp 52 triliun. Dailymail memperkirakan, jumlah tersebut mencapai setengah dari seluruh kekayaan Rybolovlev.

Proses perceraian antara Rybolovlev dan Rybolovleva sudah berlangsung berlarut-larut selama 6 tahun. Perceraian tersebut memberikan Rybolovleva hak asuh atas anak perempuannya yang berusia 13 tahun, yaitu Anna, serta properti yang semula menjadi milik mantan suaminya, Rybolovlev.

Proses perceraian juga mengupas langkah bisnis Rybolovlev selama pernikahannya dengan Rybolovleva berlangsung. Pada 2012, Rybolovleva menyatakan bahwa dia berhak atas kepemilikan griya tawang (penthouse) di New York seharga lebih dari Rp 964 miliar yang dibeli Rybolovlev untuk Anna, anaknya.

Tak hanya itu, menurut berkas pengadilan di Manhattan, Rybolovleva menuding Rybolovlev telah menggunakan properti bersama untuk membeli berbagai aset melalui berbagai dana dan perusahaan. Harapannya, langkah tersebut membuat semua aset berada jauh di luar jangkauan sang mantan istri.

Aset yang dibeli Rybolovlev, menurut mantan istrinya, termasuk kepemilikan mayoritas klub sepak bola AS Monaco, saham senilai 295 juta dollar AS di Bank of Cyprus, serta rumah senilai 95 juta dollar AS di Palm Beach, Florida. Rumah itu sebelumnya dimiliki pengusaha kaya asal Amerika Serikat, Donald Trump.

www.dailymail.co.uk Aset yang dibeli Rybolovlev, menurut mantan isterinya, termasuk kepemilikan mayoritas kelab sepak bola AS Monaco, saham senilai 295 juta dollar AS di Bank of Cyprus, serta rumah senilai 95 juta Dollar AS di Palm Beach, Florida.

Selain itu, Rybolovlev juga memiliki rumah besar di Hawaii yang dibeli dari bintang Hollywood Will Smith, sebuah griya tawang La Belle Epoque di Monako (tempat tinggal Rybolovlev kini), dan sebuah pulau di Yunani, Skorpios. Pulau tersebut dia beli juga untuk anaknya, Anna.

Pulau itu semula dimiliki oleh "dinasti" Onassis dan menjadi lokasi pernikahan Aristotle Onassis dengan mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Jacqueline Kennedy, pada 1968. Dia juga memiliki properti di bagian selatan Perancis, yaitu resor Saint Tropez. Di dalam propertinya ini terdapat lukisan buatan Picasso, Van Gogh, Gauguin, dan Monet.

Berdasarkan catatan Dailymail, jika ditotal, kira-kira sang miliarder harus memberikan mantan istrinya itu beberapa rumah besar di AS senilai 2,7 miliar poundsterlling atau Rp 52 triliun dan pulau di Yunani senilai 100 juta poundsterlling atau senilai Rp 1,9 triliun.

www.dailymail.co.uk Rybolovlev juga memiliki rumah besar di Hawaii yang dibeli dari bintang Hollywood, Will Smith, sebuah griya tawang La Belle Epoque di Monako (tempat tinggal Rybolovlev kini), dan sebuah pulau di Yunani, Skorpios. Pulau tersebut dia beli juga untuk anaknya, Anna.

Istri setia

Masih menurut sumber yang sama, Rybolovleva tampaknya memang berhak atas kekayaan milik Rybolovlev. Dialah yang terus berada di samping mantan suaminya sejak Rybolovlev berpindah karier dari dokter, pengusaha, pialang saham, bankir, kemudian menjadi pemilik perusahaan, dan pemilik saham terbanyak Uralkali.

Rybolovleva pun tercatat masih menikah dengan Rybolovlev ketika sang miliarder harus mendekam di penjara selama 11 bulan atas tuduhan pembunuhan kompetitor bisnisnya. Selain itu, sang miliarder rupanya juga sempat membuat seluruh keluarganya berada dalam bahaya berupa ancaman pembunuhan, dan Rybolovlev terpaksa memindahkan keluarganya ke Swiss.

Pada malam Natal 2008, Rybolovleva akhirnya mengajukan cerai pada Rybolovlev. Ia mengaku tak tahan dengan ketidaksetiaan mantan suaminya tersebut. Rybolovleva melaporkan suaminya, yang pada saat itu senang berpesta bersama perempuan muda di kapal pesiar sambil membawa serta teman dan penguasa bisnis lainnya.



Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X