Kompas.com - 19/05/2014, 15:25 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Kumpulan foto berikut ini tampak begitu mencolok untuk menunjukkan skala kemiskinan dan kemakmuran yang hidup "berdampingan" di kota-kota di Meksiko. Batas antara kemiskinan dan kemewahan terlihat tipis meskipun nyata keberadaannya.

Tak ubahnya dengan Jakarta, sebuah blok apartemen mewah tampak berdiri angkuh di atas lingkungan yang miskin. Penghuninya dapat menikmati pemandangan dari kebun-kebun hijau di atap rumah mereka. Namun, di sisi lain, ada semacam "layar besar" yang menghalangi pandangan mereka ke satu arah, yaitu rumah-rumah kumuh.

www.dailymail.co.uk Tak ubahnya dengan Jakarta, sebuah blok apartemen mewah tampak berdiri angkuh di atas lingkungan yang miskin. Penghuninya dapat menikmati pemandangan dari kebun-kebun hijau di atap rumah mereka.
Bahkan, jika mereka memutar pandangannya, mereka akan dihadapkan dengan labirin kumuh, gang-gang sempit, konstruksi beton reyot, yang letaknya hanya beberapa inci dari menara kemewahan mereka. Itulah realita sehari-hari di Meksiko.

www.dailymail.co.uk Jika mereka memutar pandangannya, mereka akan dihadapkan dengan labirin kumuh, gang-gang sempit, konstruksi beton reyot, yang letaknya hanya beberapa inci dari menara kemewahan mereka. Itulah realita sehari-hari di Meksiko.
Foto-foto tersebut dihasilkan oleh perusahaan iklan Publicis, yang berbasis di Mexico City. Foto-foto itu disiapkan untuk kampanye iklan anti-kemiskinan, yang mereka namakan dengan Erase the Difference. Kampanye itu digaungkan untuk menempatkan sebuah disclaimer pada setiap orang yang melihat foto-foto tersebut berupa, "Gambar ini belum diubah. Sudah waktunya untuk mengubah itu".

www.dailymail.co.uk Jika mereka memutar pandangannya, mereka akan dihadapkan dengan labirin kumuh, gang-gang sempit, konstruksi beton reyot, yang letaknya hanya beberapa inci dari menara kemewahan mereka. Itulah realita sehari-hari di Meksiko.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.