Jangan Salah... Kenali Dulu Isi Bantalnya, Baru Beli!

Kompas.com - 12/05/2014, 14:22 WIB
Kapuk dan kapas cukup kuat menahan beban dan ketebalannya dapat disesuaikan. Hanya saja, bahan ini mudah berdebu dan dapat menjadi sarang tungau yang mengakibatkan gangguan kulit dan pernafasan. www.shutterstock.comKapuk dan kapas cukup kuat menahan beban dan ketebalannya dapat disesuaikan. Hanya saja, bahan ini mudah berdebu dan dapat menjadi sarang tungau yang mengakibatkan gangguan kulit dan pernafasan.
EditorLatief
KOMPAS.com - Produsen bantal selalu berinovasi untuk menemukan bahan dan teknologi pembuatan bantal yang mendukung kesehatan dan kenyamanan pengguna. Tapi, sebetulnya apa saja isi di dalam bantal itu?

Ada beberapa bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bantal. Simak berikut ini:

Kapuk dan Kapas

Kedua bahan ini merupakan pengisi bantal yang paling awal digunakan. Bahan ini cukup kuat menahan beban dan ketebalannya dapat disesuaikan.

Hanya saja, bahan ini mudah berdebu dan dapat menjadi sarang tungau yang mengakibatkan gangguan kulit dan pernafasan. Kapuk dan kapas juga dapat menyimpan kelembapan, yang lama-kelamaan memadat.

Bulu Angsa

Bahan ini masih menjadi yang termahal di antara bahan lainnya. Ada 2 jenis bulu yang menjadi pengisi, yaitu bulu bagian leher (down) yang sangat halus dan bulu bagian dada (feather) yang mengandung tulang. Semakin tinggi kandungan down-nya, semakin mahal harganya. Sebagai bahan organik, bulu angsa menghasilkan debu sehingga kain pelapis bantal harus tebal.

www.shutterstock.com Bahan lateks diperoleh dari getah karet. Bantal lateks umumnya memiliki lubang-lubang sebagai pengatur kekenyalan bantal.
Dakron

Material ini merupakan upaya menggantikan kapas dan kapuk. Terbuat dari serat plastik yang sangat halus, dakron punya keunggulan tidak bisa menyerap air. Bantal yang berkualitas bagus terbuat dari lembaran dakron yang dilipat, bukan gumpalan.

Lateks

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X